Lihat ke Halaman Asli

Nihayatu Saadah

A life-long learner

Hobi yang Dibayar? Siapa Sih yang Nggk Mau?

Diperbarui: 25 Juni 2021   16:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Hobi Memasak (freepik.com)

Kalau aku sih mau bangeeet.

Tinggal yang perlu dicari sekarang adalah hobi yang mana yang bisa dapat bayaran. Yuk kita cari tahu!

Selain karakter dan nasib, nyatanya kita masing-masing diciptakan dengan hobi atau aktifitas favorit yang berbeda-beda. Apa yang menurutmu menyenangkan, belum tentu itu yang aku rasakan, dan begitupun sebaliknya. Tapi bisa juga, kita memiliki hobi yang sama, yang nyatanya telah mempertemukan kita di Kompasiana ini. Asyekk..!

Eh tapi aku mau jujur, sebenarnya terlalu sulit untukku mengatakan kalau menulis adalah hobiku yang sesungguhnya. Karena nyatanya, sepak terjang menuju "bisa" membuat tulisan  1 judul saja (katakanlah untuk 1000 kata), itu sulitnya minta ampun pada awalnya. Ada bulan-bulan galau yang perlu dilewati terlebih dahulu untuk bisa sampai disini, di hari ini, dengan Profil Junior poin 1.403. Sungguh aku tidak bangga karena setahun telah berlalu, tapi belum menghasilkan banyak karya.

Belum lagi sama tingkat kemalasan dan mood yang sering kali muncul dan menggagalkan rencana menulis. Bukankah sesuatu yang dikatakan hobi itu tidak akan memunculkan kata "malas" di dalamnya? Jangankan sempat malas, hobi itu kegiatan yang akan lebih kita pilih dari kegiatan yang lain karena saking menikmatinya kita dalam hal itu. Seperti definisi aslinya, hobi adalah suatu kegiatan rekreasi untuk menenangkan pikiran. Kalau pikiran sedang suntuk, umumnya hobi adalah pelarian terbaik yang ingin kita tuju.

Darisinilah semua berawal. Kejutan dibalik jungkir baliknya memiliki hobi menulis. Wait it up!

Menjadi semakin menarik menggali tentang hobi, bahwa setiap orang itu bisa memiliki lebih dari satu kegemaran. Iya nggk? Silahkan bisa dicari tahu dalam diri masing-masing. Kalau aku sih,  iya. Mungkin, selain mendengarkan musik , yang menjadi hobinya sejuta umat, kita juga bisa memiliki hobi memasak dalam waktu bersamaan, dan berkebun bunga, dan memancing, dan traveling, dan membaca buku, dan menulis, dan videografi, dan menyanyi, dan bersepeda, dan shopping (Upss..), dan lain-lain. Bagi yang sedang memiliki hobi sebanyak itu, pasti tahu rasanya gimana galaunya saat ingin berhobi namun waktu harian telah tersita dalam pekerjaan profesional yang lebih harus dipentingkan. Rasanya, Ah nggk enak banget.

Hobi, sampai kapanpun akan tetap menjadi sebuah kesenangan. Maka apabila berhobi akhirnya bisa mendapat bayaran, itu namanya sambil menyelam minum air. Iseng-iseng berhadiah. Dan Ini adalah bonus yang tidak boleh ditolak. Hehe

Saya ingin menyebutkan 10 contoh hobi yang bisa mendatangkan rezeki tambahan, versi beberapa laman informatif yang telah saya baca dan tentunya bersifat fakta:

  1. Menulis.
  2. Menggambar/melukis.
  3. Berkebun bunga.
  4. Olahraga.
  5. Fotografi.
  6. Videografi.
  7. Menyanyi.
  8. Memasak.
  9. Bermain alat musik.
  10. Desain Grafis.

Jadi? Adakah hobi kamu disana? Dan sudahkah mendapatkan uang kaget dari hobimu itu?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline