Lihat ke Halaman Asli

Nihayatu Saadah

A life-long learner

Bagaimana Bila Nyatanya KKN Pandemi 'Memang' Kurang Efektif?

Diperbarui: 9 Agustus 2020   19:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber foto freepik.com

Kegiatan  KKN, bukanlah barang baru di telinga kita. KKN yang merupakan singkatan dari Kuliah Kerja Nyata adalah salah satu program pendidikan tinggi dalam bentuk menerjunkan mahasiswa untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat pada waktu dan tempat tertentu.

Direktur Jenderal Pendidikan tinggi, Prof. Nizam, menyatakan bahwa kegiatan KKN penting untuk dilaksanakan karena sebagai ajang perwujudan aktualisasi kompetensi mahasiswa, sebagai perwujudan keterampilan, pengetahuan, serta kreatifitas diri. 

Mahasiswa akan menerapkan semua itu dalam kehidupan bermasyarakat dan diharapkan dapat membantu membangun desa sebagai lokasi KKN. Serta juga, diharapkan dapat membantu memecahkan berbagai permasalahan yang sedang dihadapi oleh masyarakat.  (Sumber)

Lebih lanjut, Prof. Nizam juga mengatakan bahwa kegiatan KKN menjadi kegiatan wajib yang harus dilaksanakan setiap perguruan tinggi di indonesia, karena menjadi bagian dari 3 pilar dasar Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan-pengajaran, Penelitian-pengembangan, dan Pengabdian kepada masyarakat.

Sungguh tidak beruntung, bahwa pandemi Covid-19 juga memberi dampak pada pelaksanaan kegiatan  musiman, ini.  Mau tidak mau, kegiatan ini harus dilaksanakan dengan skema yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yang tentu saja harus sesuai dengan peraturan protokol kesehatan, guna mencegah Covid-19 semakin merajalela penyebarannya di muka bumi ini.

Saya sangat meyakini, semua pihak yang merasa bertanggung jawab untuk tetap memastikan pelaksanakan kegiatan ini, akan terus berupaya keras untuk mencari jalan yang terbaik. 

Diusahakan kegiatan dilaksanakan sesuai situasi dan kondisi yang ada. Bila pada umumnya konteks KKN pelaksanaannya perlu menyebar ke beberapa wilayah random di seluruh pelosok negeri, namun kenyataan pandemi yang  tidak mendukung, maka dicarikan jalan pintas, yaitu dengan melakukan pengabdian di daerah tempat tinggal masing-masing. 

Misalnya lagi, kegiatan KKN yang biasanya dilaksanakan dengan pembentukan kelompok kerja dalam satu desa, bila dirasa itu terlalu beresiko untuk mengundang kerumunan, maka digagaslah KKN secara individu. Ada juga yang benar-benar ingin menerapkan pembatasan sosial guna mencegah kerumunan, sehingga mendesain program KKN menjadi KKN Online.

Untuk memberikan gambaran lebih jauh, berikut terhimpun dari beberapa sumber tentang fakta skema pelaksanaan KKN pandemi dari beberapa universitas:

  1. KKN Universitas Sebelas Maret (UNS Solo); dilaksanakan mandiri (tidak berkelompok), dilaksanakan di tempat tinggal masing-masing, pembimbingan oleh dosen pembimbing lapangan secara daring, merupakan KKN tematik, dilaksanakan selama 32 hari pada 15 Mei-30 Juni 2020 (Kompas.com, 18/05/2020).
  2. KKN Universitas Gadjah Mada (UGM Yogyakarta); melaksanakan KKN daring yang dilaksanakan dari tempat dan lokasi mahasiswa masing-masing berada, tidak ada penerjunan langsung ke lokasi, dilaksanakan berkelompok dalam jangka waktu kurang lebih 2 bulan, dilaksanakan pada 29 Juni- 18 Agustus 2020. Pihak universitas memberikan pilihan kepada mahsiswa untuk memilih KKN di periode lain jika tidak ingin mengikuti KKN daring (Jogja.tribunnews.com,30/06/2020).
  3. KKN Universitas Pendidikan Indonesia (UPI Bandung); dilaksanakan KKN tematik, di tempat tinggal mahasiswa masing-masing, dibagi dalam beberapa kelompok namun dilaksanakan  secara individu dan secara daring pada 17 Mei-17 Juni 2020 (Muda.kompas.id, 23/06/2020).
  4. KKN Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN Jakarta); dilaksanakan di tempat tinggal masing-masing, pembimbingan oleh dosen pembimbing lapangan secara daring, dibagi dalam kelompok namun dilaksanakan secara individu (Banten.idntimes.com, 16/07/2020).

Diatas hanyalah beberapa sumber yang disajikan untuk mewakili skema pelaksanaan KKN masa pandemi ini. Dapat saya informasikan juga bahwa, menurut beberapa sumber lain tentang pelaksanaan KKN di beberapa universitas lain, kurang lebih didesain sama dengan skema pelaksanaan KKN diatas.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline