Lihat ke Halaman Asli

NIDYA NISA

Mahasiswa

Review Buku: Sosiologi Hukum (Dr. Hj. Hasnati S.H., M.H.)

Diperbarui: 19 Oktober 2023   11:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Book. Sumber ilustrasi: Freepik

Dosen Pengampu : Muhammad Julijanto,S.Ag.,M.Ag 

Nama : Nidya Nisa'ul Husna

NIM / Kelas : 212111256 / HES 5G

IDENTITAS BUKU

  • Judul Buku : Sosiologi Hukum : Bekerjanya Hukum Di Tengah Masyarakat 
  • Nama Penulis : Dr. Hj. Hasnati S.H., M.H.
  • Penerbit : Absolute Media
  • Kota Terbit : Bantul, Yogyakarta.
  • Tahun Terbit : 2015
  • Jumlah Halaman : xii + 212 hlm
  • Ukuran : 15,5 cm x 23 cm
  • Harga : Rp. 11.100
  • ISBN : 978-602-1083-08-6

REVIEW BUKU

Sinopsis :

Dalam buku ini, penulis menjelaskan konsep dasar sosiologi hukum dan memberikan pengantar yang komprehensif terhadap bidang ini. Buku ini dimulai dengan menguraikan landasan sosio-legal studies dan kajian metodologisnya, membantu pembaca memahami kerangka kerja penelitian dalam sosio-legal studies. Selanjutnya, penulis menjelaskan pisau analisis yang digunakan dalam menganalisis fenomena hukum dalam masyarakat. Selain itu, buku ini membahas pemikiran tentang hukum dalam masyarakat, menyoroti peran dan dampak hukum dalam kehidupan sehari-hari. Keadilan dalam sosiologi hukum juga menjadi fokus utama, dengan menggambarkan bagaimana hukum berinteraksi dengan nilai-nilai keadilan dalam masyarakat. Buku ini juga menyajikan pandangan yang mendalam tentang penanganan korupsi dari perspektif sosiologi hukum, mengungkapkan faktor-faktor sosial yang mempengaruhi korupsi dan upaya-upaya untuk mengatasinya. Akhirnya, buku ini mengakhiri perjalanan pembaca dengan merenungkan kata-kata bijak tentang hukum yang dilihat dari sudut pandang keadilan.

Kelebihan :

Buku ini memberikan pemahaman mendalam tentang hubungan antara hukum dan masyarakat, dengan menyajikan pendekatan komprehensif dan metodologi yang jelas. Ini juga menghadirkan relevansi praktis dengan membahas isu-isu kontemporer seperti korupsi. Buku ini merenungkan kata-kata bijak tentang hukum dan keadilan, dan secara keseluruhan, menjadi sumber yang berharga untuk memahami bagaimana hukum memengaruhi dan dipengaruhi oleh masyarakat dalam dunia yang terus berubah.

Teknik Penulis :

Dalam proses penulisan buku ini, penulis telah menerapkan beragam teknik penulisan yang bermanfaat. Ini termasuk menyusun daftar isi dengan rapi, menyampaikan materi secara bertahap, menjelaskan metode yang digunakan, memberikan contoh dari kehidupan sehari-hari, mengajukan pertanyaan yang memicu pemikiran, memberikan ringkasan pada akhir setiap bab, menggunakan bahasa yang mudah dimengerti, dan memasukkan kutipan-kutipan bijak. Semua teknik ini bertujuan untuk membuat buku menjadi sumber yang informatif dan mudah dipahami, sehingga pembaca dapat memahami dengan baik tentang bagaimana hukum berinteraksi dengan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline