Lihat ke Halaman Asli

Nida Nurkhofifah

Mahasiswa UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA Program Studi PGMI

Perhatikan Hal ini Jika Ingin Membuat Karangan

Diperbarui: 11 Juni 2023   21:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Hai sobat Kompasiana, sudah pernah kah mencoba membuat karangan? Membuat karangan yang baik dan benar ada caranya nih, kalau kalian ingin tau yuk simak bersama!

Karangan merupakan karya tulis hasil dari kegiatan seseorang untuk mengungkapkan atau menyampaikan gagasannya melalui bahasa tulis kepada pembaca untuk dipahami. Lima jenis karangan yang umum dijumpai dalam keseharian adalah narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi.

Perencanaan karangan adalah proses awal dalam membuat karangan sampai dengan akhir penulisan. Penulisan sebuah karangan harus memenuhi persyaratan. Persyaratan ini menyangkut isi, bahasa, dan teknik penyajian, Oleh sebab itu untuk membuat sebuah karangan perlu direncanakan dan tentunya sesuai dengan pengelompokkan karangannya, baik menurut bentuk, ragam, jenis, rumpun, ataupun macam karangannya.

Berikut langkah-langkah dalam menulis karangan berdasarkan pengalaman.
1. Menentukan tema atau topik karangan
Topik karangan adalah ide penulis yang berfungsi mencakup keseluruhan uraian, deskripsi, serta
penjelasan. Topik merupakan inti bahasan yang menjiwai seluruh karangan. Seluruh karangan harus selaras dengan topik tersebut.


2. Memberi judul karangan
Judul karangan  adalah perincian atau jabaran dari topik, judul juga merupakan nama yang diberikan untuk karangan, judul berfungsi untuk menarik minat pembaca dan sebagai gambaran isi karangan. Biasanya judul lebih spesifik dan sering menyiratkan permasalahan yang akan dibahas.


3. Tujuan penulisan
Tujuan penulisan adalah  perencanaan menyeluruh yang akan mengarahkan penulis dalam melakukan tindakan menyelesaikan karangannya. Dengan mengetahui tujuan, penulis akan dapat menentukan bahan tulisan, organisasi karangan, dan sudut pandang.


4. Bahan penulisan
Bahan Penulisan adalah semua informasi yang digunakan untuk mencapai tujuan penulisan. Informasi tersebut ialah, teori yang digunakan, contoh-contoh, rincian atau detail, perbandingan, sejarah kasus, fakta, hubungan sebab akibat, pengujian dan pembuktian.


5. Kerangka Karangan
Kerangka karangan merupakan rencana penulisan yang mengandung ketentuan bagaimana kita menyusun karangan itu. Kerangka karangan merupakan rencana penulisan akan bersifat konseptual, menyeluruh, terarah, dan bersasaran bagi target pembacanya. Fungsi utamanya adalah mengatur hubungan di antara gagasan-gagasan yang ada. Melalui kerangka karangan, pengarang dapat melihat kekuatan & kelemahan dalam karangannya.

Membuat karangan juga ada loh yang berdasarkan gambar, bagaimana ya langkah-langkah membuat karangan berdasarkan gambar? Yuk simak lagi!

langkah-langkah menulis karangan berdasarkan gambar:

1. Membuat kalimat utama/inti dari gambar yang dipilih oleh penulis.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline