Lihat ke Halaman Asli

Nidia Mustika

Peminat Ekonomi Lingkungan

"Bencana Lingkungan" Indonesia 2023, Gak Lagi-lagi Deh

Diperbarui: 27 Desember 2023   10:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pastinya butuh waktu yang tidak sedikit jika ingin membahas masalah lingkungan yang ada di Indonesia. Mulai dari bencana alam karena ulah manusia sendiri hingga perubahan alam yang terprediksi bahkan yang tak terduga.  Kali ini, mari kita bahas beberapa isu lingkungan yang paling membekas di hati sepanjang 2023.

Pada posisi pertama, yang menurutku juga sekaligus yang paling tak terlupakan adalah terjadinya kondisi cuaca panas ekstrim. BMKG bahkan menyebutkan bahwa 2023 berpotensi jadi tahun terpanas sepanjang sejarah pencatatan iklim, dengan puncak di bulan Oktober 2023. Bahkan ada beberapa daerah yang harus terpapar suhu hingga 38 derajat.

Kondisi kedua yang tentu tidak boleh disepelekan adalah memburuknya kualitas udara. Dikutip dari Kompas.id. hanya sekitar 410ribu dari 64,9 juta masyarakat yang tinggal di 98 kota di Indonesia yang bisa menikmati udara bersih sehari-hari. Tentu tidak perlu lagi disebutkan seberapa pentingnya udara bersih bagi kehidupan dan kita punya hak untuk mengakses hal itu. Kita banyak berdoa semoga pengentasan isu ini menjadi salah satu prioritas pemerintah kedepannya.

Satu lagi kondisi yang rasanya tidak boleh tertinggal jika ingin membahas kondisi lingkungan Indonesia yaitu kebakaran hutan. Sedikitnya 994ribu hektar hutan di Indonesia mengalami kebakaran dari Januari hingga Oktober 2023. Hal ini pastinya sangat penting untuk diperhatikan mengingat peran hutan yang sangat strategis dalam mengurangi dampak pemanasan global. Semoga masyarakat dan juga pemerintah bisa bekerja bersama untuk memelihara hutan sebagai salah satu elemen terpenting dalam kehidupan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline