Lihat ke Halaman Asli

Nida Tsabitah

Universitas Al-Azhar Indonesia

Universitas sebagai Solusi dalam Menjawab Tantangan Sumber Daya Unggul Menuju Indonesia Emas 2045

Diperbarui: 12 Juni 2024   15:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber : https://id.pinterest.com/mohammad moradi

Indonesia memiliki visi besar dalam mencapai Indonesia Emas tahun 2045. Di sisi lain, bonus demografi yang saat ini dirasakan oleh Indonesia sejalan dengan tantangan yang hadir dan perlu diselesaikan satu persatu. Tantangan yang ada, perlu diatasi secara serius dan berkelanjutan agar Indonesia dapat mewujudkan cita-citanya menjadi negara maju dan sejahtera.


Apa aja sih tantangan yang dihadapi Indonesia?  

  • Kesenjangan kualitas pendidikan: Diperlukan pemerataan kualitas dalam pendidikan di seluruh wilayah Indonesia. Pemerataan ini ditujukan agar semua anak bangsa memiliki kesempatan yang sama untuk mengenyam pendidikan lanjut yang berkualitas.
  • Keterbatasan infrastruktur dan sumber daya: Pengelolaan efektif dalam memastikan tersedianya infrastruktur diperlukan untuk mendukung proses belajar mengajar yang berkualitas melalui pendanaan yang memadai.
  • Kurangnya minat mahasiswa pada bidang sains dan teknologi: Kebutuhan untuk meningkatkan minat mahasiswa pada bidang sains dan teknologi. Bidang tersebut memiliki peran penting dalam pengadaan pembangunan bangsa.

Universitas sebagai pilar penting dalam mencetak generasi unggul, memiliki peranan untuk menjawab tantangan yang ada melalui  partisipasinya menyiapkan SDM berkualitas dan berkarakter mulia. Diperlukannya langkah strategis dan solusi tepat yang dilakukan oleh universitas agar dapat berkontribusi secara signifikan dalam mengantarkan Indonesia Emas 2045.

Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia, turut berpartisipasi dalam mencapai Indonesia Emas 2045 dengan mencetak lulusan yang tidak hanya memiliki ilmu pengetahuan yang luas, tetapi juga memiliki karakter yang mulia dan siap berkontribusi bagi kemajuan bangsa.

Dengan komitmen dan strategi yang tepat, UAI meyakini dapat berperan aktif dalam mencapai Indonesia Emas 2045. Ditambah, akreditasi Unggul yang baru saja diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tanggal 4 Juni 2024 lalu, turut menambah optimisme dalam melahirkan lulusan berkualitas yang dipersiapkan untuk menjadi pemimpin bangsa di masa depan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline