Lihat ke Halaman Asli

Nida Tsabitah

Universitas Al-Azhar Indonesia

Membangun Kepedulian terhadap Ketahanan Pangan

Diperbarui: 20 Juli 2023   19:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 Dokumentasi Prodi Biologi (Bioteknologi) UAI

Perubahan iklim memberikan  pengaruh yang signifikan terhadap produksi pertanian. Kondisi ini mengancam ketahanan pangan yang selanjutnya berpengaruh terhadap  kualitas kesehatan masyarakat.  Para mahasiswa  dari prodi Biologi (Bioteknologi) Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) ikut ambil bagian untuk mencari solusi melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang ketahanan pangan.

Para mahasiswa diajak oleh para dosen untuk terlibat langsung  mendengarkan permasalahan dan keluhan yang disampaikan oleh petani dalam kegiatan yang bertajuk Revitalisasi Embung melalui Pemberdayaan Petani dalam rangka Konservasi Air untuk Pertanian Berkelanjutan. Tujuan dari kegiatan ini agar mahasiswa dapat mengetahui masalah yang dihadapi para petani dari hulu hingga hilir, sehingga mampu merumuskan akar permasalahan dan berupaya mencari solusinya.   

 

Dokumentasi Prodi Biologi (Bioteknologi) UAI

Tidak hanya melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat, Program Studi Biologi (Bioteknologi) UAI juga melakukan berbagai penelitian yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa terkait ketahanan pangan. Beberapa penelitian yang telah dibuat oleh program studi ini, ditujukan untuk meningkatkan kesuburan tanah dengan pembenah tanah,  meminimalkan penggunaan pestisida kimia serta konservasi air dan tanah. 

Penelitian  diversifikasi pangan untuk ketahanan pangan juga  dilakukan diantaranya terhadap  tanaman  Canna indica  (Ganyong) dan  mikroalga Spirulina platensis  (Cannalina) yang mampu beradaptasi terhadap perubahan lingkungan. Dari keduanya telah berhasil dibuat pangan  fungsional  yang menyehatkan karena mengandung prebiotik  dalam berbagai jenis olahan seperti bakso, pasta, cookies dan brownies.

Dokumentasi Prodi Biologi (Bioteknologi) UAI

Dokumentasi Prodi Biologi (Bioteknologi) UAI

Dokumentasi Prodi Biologi (Bioteknologi) UAI

Dokumentasi Prodi Biologi (Bioteknologi) UAI

Selain fokus pada upaya ketahanan pangan, masih banyak hal yang dieksplorasi oleh mahasiswa dan dosen yang ada di Program Studi Biologi (Bioteknologi), Universitas Al-Azhar Indonesia. Kampus swasta Islam terbaik di Jakarta ini berlokasi di pusat kota dengan akses transportasi yang mudah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline