Lihat ke Halaman Asli

3 Cara Menjaga Kesehatan Mental Pada Remaja

Diperbarui: 1 November 2022   18:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

 Kata-kata kesehatan  mental atau yang biasa di sebut mental health adalah kata-kata yang keren dan trend di masa kini, atau bahkan  kata-kata itu keluar hanya untuk membully atau melemahkan seseorang.

Mental health yang artinya adalah kesehatan mental itu merupakan sesutau yang dipengaruhi oleh peristiwa dalam kehidupan yang meninggalkan dampak yang besar terhadap kepribadian seseorang. 

Peristiwa-peristiwa tersebut dapat berupa kekerasan dalam rumah tangga, pelecehan anak, atau stress berat jangka panjang, selain kesehatan fisik, kesehatan mental juga sangat berperan penting dalam aspek kehidupan manusia.

Jika kesehatan mental terganggu, maka timbul gangguan mental atau penyakitt mental, gangguan mental dapat mengubah cara seseorang dalam menangani stress, berhubungan dengan orang lain, membuat pilihan atau bahkan memicu hasrat untuk menyakiti diri sendiri.

Dalam islam pengembangan kesehatan jiwa terintegrasi dalam pengembangan pribadi pada umumnya, dalam artian kondisi kejiwaan yang sehat merupakan hasil sampingan dari kondisi pribadi yang matang secara emosional, intelektual dan sosial, serta terutama matang pula ketuhanan dan ketaqwaan Tuhan Yang Maha Esa.

  Upaya Menjaga Kesehatan Mental Pada Remaja 

Setiap orang pasti ingin rasanya di dengar, mendengarkan segala keluh kesahnya, memberikan motivasi dan semangat ketika seseorang sedang dalam fase stress atau depresi, memberikan apresiasi terhadap apa yang telah dicapi olehnya. 

Apalagi anak-anak remaja dikalangan masa kini mereka sangat butuh di dengar, jadi ajaklah mereka bicara dan dengarkan segala keluh dan kesahnya.

Berbicara dari hati ke hati dengan anak remaja tentang kondisi dan kesehatan mentalnya, apalagi sebagai orang tua harus peka terhadap kondisi mental anaknya. 

Tidak hanya orang tua yang harus peka terhadap kondisi kesehatan mental anak remaja tetapi sebagai guru atau tenaga pendidik lainnya juga harus peka terhadap kondisi mental siswa/i-nya di sekolah apalagi di sekolah menengah atas yang mayoritas siswa/i-nya adalah anak-anak remaja yang beranjak dewasa. Berikan dukungan, motivasi dan semangat untuk anak-anak remaja masa kini agar kesehatan mentalnya tetap terjaga.

 Cara menjaga kesehatan mental 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline