Lihat ke Halaman Asli

BJ Habibie Akan Selalu Terkenang

Diperbarui: 17 Februari 2020   20:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang sering dikenal dengan sebutan B.J Habibie dilahirkan di Parepare, Sulawesi Selatan pada tanggal 25 Juni 1936. Selama hidupnya beliau telah sangat berjasa bagi Negeri yang tercinta ini.  Karyanya pun sangat banyak. Salah satunya adalah buku yang ditulis sendiri oleh beliau dengan judul 'Detik-Detik yang Menentukan Jalan Panjang Indonesia Menuju Demokrasi' yang diterbitkan pada tahun 2006. Didalamnya terdapat cerita mengenai peristiwa yang dialami oleh B.J Habibie pada tahun 1998.
Bacharuddin Jusuf Habibie merupakan Presiden RI ke-3 dengan masa jabatan paling sebentar yakni selama 512 hari. Dibawah pimpinannya bangsa Indonesia sukses meraih perubahan di awal era reformasi. Upayanya dalam mengembangkan teknologi di Indonesia menciptakan karya yang akan selalu terkenang. Berkat kecerdasannya, beliau banyak mendapatkan apresiasi. Baik dari daerah kelahirannya bahkan Pemerintah Jerman pun menjadikannya orang terhormat di negara mereka.
Setelah membaca beberapa biografi mengenai B.J Habibie, terutama setelah membaca  buku 'Detik-Detik yang Menentukan Jalan Panjang Indonesia' banyak pelajaran yang dapat kita teladani. Beliau bagaikan Bapak Teknologi bagi Negara Indonesia karena berkat ilmunya negara ini mampu menciptakan pesawat yang diberi nama pesawat N-250 Gatot Kaca. Selain itu, kita juga dapat mengetahui bahwasannya B.J Habibie sangat bertanggung jawab dan konsisten dalam melaksanakan tugasnya selama menjabat sebagai Presiden RI. Sikap tersebut tentu saja dilandasi dengan nilai agama dan nilai budaya yang patut kita jadikan teladan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline