Lihat ke Halaman Asli

Resume Buku Guru Powerful - Guru Masa Depan

Diperbarui: 18 Juni 2015   02:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14089333091922737739

Tugas Resume Buku

Nama : Nida Muzdhalifah

NIM : 1815140223

Fakultas : Ilmu Pendidikan

Jurusan : Pendidikan Guru Sekolah Dasar


Judul Buku : Guru Powerful - Guru Masa Depan

Penulis : Sukadi

Penerbit : Kolbu

Tahun Terbit : 2006

Tebal Buku : 152 Halaman

Guru adalah orang yang pekerjaannya mengajar. Akan tetapi, tidak terbatas pada menyampaikan materi pelajaran saja, tetapi juga mendidik dan melatih peserata didik. Guru juga merupakan agen perubahan sosial yang mengubah pola pikir, sikap, dan perilaku umat manusia menuju kehidupan yang lebih baik dan lebih mandiri. Untuk menjalankan tugas dan fungsinya yang amat berat itu, guru dituntut memiliki segala kemampuan yang menyatu dalam kepribadian secara utuh. dalam melaksanakan tugasnya, para guru kerap menghadapi berbagai kendala yang meghambat proses pembelajaran dan tidak sedikit dijumpai proses belajar-mengajar tidak mencapai sasaran dan tujuan pembelajaran. Proses yang tidak mencapai sasaran ini dikatakan sebagai pembelajaran yang tidak efektif. Fakta menunjukkan bahwa Salah satu penyebab ketidakefektifan proses pembelajaran ini adalah karena gurunya tidak efektif.

Apa yang dimaksud dengan guru efektif? Menurut penulis sendiri berpandangan bahwa guru efektif adalah guru yang mampu mendayagunakan segala potensi yang ada dalam dirinya dan diluar dirinya untuk mencapai tujuan pembelajaran. Untuk menjadi seorang guru efektif, kita harus selalu mawas diri dan terus melakukan perbaikan-perbaikan kompetensi. Oleh sebab itu, untuk menjadi guru efektif perlu waktu, usaha, dan kerja keras yang selalu diiringi dengan tekad yang kuat.

Inti pelaksanaan pendidikan di sekolah adalah kegiatan belajar mengajar. Keberhasilan kegiatan belajar mengajar menentukan kesuksesan guru dan sekolah dalam melaksanakan pendidikan. Seorang guru efektif sangat memperhatikan efektivitas kegiatan belajar mengajar di sekolah, khususnya di dalam kelas. Setidak-tidaknya ada tiga langkah yang seharusnya dilakukan guru dalam menciptakan suasana belajar mengajar efektif. Pertama, membangun motivasi siswa. Sebagai motivator, guru memiliki tanggung jawab membangun motivasi siswa untuk belajar. Untuk membangun motivasi internal, guru dituntut mampu menciptakan kebutuhan belajar dalam diri siswa, sedangkan pada motivasi eksternal, guru harus mampu menciptakan suasana belajar mengajar yang efektif. Kedua, melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Aktivitas pembelajaran tidak hanya terpusat pada guru sebagai pembicara, akan tetapi terjadi aktivitas yang merata, guru maupun siswa sama-sama aktif berpikir dan bekerja. Yang terakhir adalah pandai menarik minat dan perhatian siswa. Salah satu cara yang pokok adalah dengan mengurangi atau menghilangkan faktor-faktor penyebab merosotnya minat dan perhatian siswa.

Kepribadian guru sangat mempengaruhi siswa. Pribadi yang baik maupun yang buruk dari seorang guru dapat mewarnai sikap, pemikiran, dan tingkah laku siswa, baik ketika proses pembelajaran maupun di luar proses pembelajaran. Berdasarkan hasil kajian penulis, seorang guru dikatakan efektif apabila ia memiliki dan menampilkan kepribadian sebagai berikut:

1.Memiliki stabilitas emosi

2.Percaya diri (optimis)

3.Memiliki kesabaran

4.Sederhana

5.Tahu batas

6.Adil

7.Realistis

8.Humoris

9.Berpenampilan tenang

10.Antusias (bersemangat)

11.Menghargai peserta didik

12.Selalu mawas diri

13.Berpikir positif

14.Disiplin

15.Bertanggung jawab

16.Berwibawa

17.Perhatian terhadap siswa

18.Selalu belajar

19.Membangun citra diri sehat para siswanya

20. Berpenampilan menarik

Untuk membentuk guru efektif dibutuhkan campur tangan pemerintah, masyarakat, dan kemauan guru sebagai subjek sekaligus objek pembinaan. Akan tetapi, yang paling memegang kunci keberhasilan adalah kemauan guru itu sendiri. Peran guru sudah sepatutnya meninggalkan kebiasaan-kebiasaan yang kurang mendukung efektivitas pembelajaran. Sudah saatnya para guru sekarang menggantinya dengan kebiasaan-kebiasaan yang mengarahkan dirinya menjadi guru efektif.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline