Lihat ke Halaman Asli

Nida Nur Hanifah

Mahasiswa Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga - 21107030016

Joker 2019: Orang Jahat adalah Orang Baik yang Tersakiti

Diperbarui: 15 Juni 2022   19:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pict by Pinterest/ Os Filmes do Kacic

Joker 2019 adalah salah satu film yang memecahkan rekor film terlaris di Amerika Utara dan seluruh dunia pada tahun 2019. Film yang disutradarai oleh Todd Phillips mengangkat genre psikologis, crime dan thriller mampu memenangkan piala Oscar 2020 dengan penghargaan best picture atau film terbaik. Film ini didistribusikan oleh Warner Bros Pictures dan sukses meraup pendapatan hingga 1,074 miliar dolar di seluruh dunia.Film ini banyak mengandung pesan moral yang amat mendalam tentang pentingya peduli akan kesehatan mental seseorang. Film Joker 2019 menceritakan tentang seorang pemuda bernama Arthur Fleck yang diperankan oleh Joaquin Phoenix mengalami masalah kesehatan mental. Ia diduga mempunyai penyakit Pseudobulbar Affect (PBA) dalam masalah psikologis penyakit ini adalah penyakit yang membuat penderitanya tertawa atau menangis tanpa sebab yang berlebihan. Keadaan ini membuat Arthur Fleck dipandang sebelah mata oleh orang-orang disekitarnya.

Arthur Fleck menjalani kehidupannya sebagai seorang badut jalanan yang mempromosikan toko. Kerap sekali ia mendapatkan bullyan dari orang-orang sekitar. Arthur kerap kali diusili dan di pancing oleh orang-orang nakal dan membuatnya dipukuli dan disakiti ketika berusaha melawan. Hal itu terjadi karena dia dipandang aneh dan lemah.  Berulang kali ia mencoba berkonsultasi kepada ahli psikologis namun, tak jarang ia tidak didengarkan dan perubahan dalam dirinya tidak terbukti secara maksimal.

Di tempat Arthur bekerja ia juga dipandang sebelah mata oleh temannya, namun ada salah satu temannya yang merasa kasihan padanya dan memberinya sebuah pistol untuk berjaga-jaga jika ia disakiti oleh orang lain. Temannya Randall diperankan oleh Glenn Flesher memberi Arthur pistol secara sembunyi-sembunyi agar bisa digunakan Arthur untuk menjaga diri di balik kelemahannya.

Arthur Fleck hidup bersama ibunya yang sudah renta di salah satu apartemen kumuh di kota Gotham, Ibunya yang diperankan oleh Penny Fleck adalah seseorang yang sudah sakit-sakitan dan mengharapkan kehidupan keduanya menjadi lebih baik. Arthur merawat ibunya dengan penuh perhatian dan kesabaran. Ibunya selalu meminta mengirimkan surat kepada salah satu kader politik besar di kota itu Thomas Wayne yang diperankan oleh Brett Cullen. Berulang kali ibunya selalu bercerita tentang ia menunggu balasan surat dari Thomas Wayne. Namun, harapan dan penantian ibunya tak kunjung datang. Thomas Wayne adalah tokoh yang sibuk dan tidak peduli terhadap ibu Arthur yang dulunya hanya karyawan biasa.

Arthur bercita-cita menjadi seorang komedian. Dia juga berusaha mengikuti beberapa kompetisi komedi agar mempunyai pekerjaan tetap yang memuaskan. Suatu hari ketika ia tengah bekerja menjadi badut di dalam ruangan rumah sakit anak-anak, tanpa sengaja pistol pemberian Randall terjatuh dan terlihat oleh anak-anak. Hal tersebut membuat curiga pihak rumah sakit. Sehingga, malam itu juga Arthur dipecat dari pekerjaannya oleh bos nya. Arthur yang sedih dan kecewa terlebih lagi setelah mengetahui bahwa boss nya mendapatkan informasi dari Randall bahwa Arthur membeli isian peluru. Hal itu membuat Arthur merasa dikhianati oleh Randall. Ia kemudian memutuskan pulang menaiki kereta. Di dalam kereta yang sepi terdapat seorang wanita yang tengah di rayu oleh tiga orang pria yang sepertinya sedang mabuk. Namun, wanita itu kukuh dan berani melawan para pria. Arthur tiba-tiba tertawa tak terkendali di tengah situasi tersebut. Tiga orang pria itu merasa tersinggung dan mendekati Arthur.

Penyakit yang diderita Arthur membuatnya kesusahan untuk mengontrol emosi tertawanya. Arthur berusaha menjelaskan kepada tiga pria tadi bahwa ia mengalami gangguan kesehatan mental. Tetapi tiga pria itu tidak peduli dan malah memukuli Arthur yang tidak berdaya. Tanpa sadar, Arthur terdesak dan mengeluarkan pistol dan menembak salah satu dari mereka. Melihat itu dua pria yang lain ketakutan dan mencoba lari. Namun, Arthur yang sudah kalap mengejar mereka dan menembaki mereka hingga mereka mati.

Arthur pulang dengan keadaan ketakutan. Ia telah membunuh tiga manusia yang telah berbuat jahat kepadanya. Di perjalanan pulang ia bertemu dengan seorang wanita yang bernama Sophie yang diperankan oleh Zazie Beetz dan seorang anaknya. Sophie akan menjadi teman Arthur di hari-hari selanjutnya. Kejadian di kereta tadi dengan cepat menyebar luas dan ditayangkan di televisi. Tragedi pembunuhan tiga orang pekerja oleh seorang bertopeng badut. Thomas Wayne hadir memberikan opini dalam pemberitaan tersebut. Thomas Wayne malah mengatakan bahwa tiga orang tersebut adalah orang baik dan pembunuhnya pasti memiliki dendam terhadap orang-orang kaya karena memiliki kehidupan yang buruk.

Mendengar berita itu Arthur tertawa tidak terkendali. Berita tersebut tentunya juga banyak menyinggung sekelompok massa yang lain. Sehingga setelah kejadian itu banyak sekelompok massa di kota Gotham yang beramai-ramai menyampaikan demonstrasi dan kritik terhadap pemerintah menggunakan topeng badut. Tindakan Arthur tersebut memancing massa sehingga mereka berani menyalurkan aspirasinya di depan media massa tanpa rasa takut.

Suatu ketika ia membaca surat yang ibunya akan kirimkan kepada Thomas Wayne. Namun, isi surat tersebut membuatnya terkejut bahwa ternyata ibunya dan Thomas Wayne adalah sepasang kekasih yang mempunyai seorang anak dari hubungan gelap mereka, dan anak itu adalah Arthur. Membaca hal itu Arthur marah dan meminta kejelasan ibunya. Ibunya mengakuinya sehingga Arthur bertekad menemui Thomas Wayne untuk bertanggung jawab atas semuanya.

Hal yang diharapkan Arthur tidak sesuai dengan realita yang ada. Ketika ia telah berhasil bertemu dengan Thomas Wayne, ia malah dipukuli dan diusir dengan menyebut bahwa ibunya gila. Arthur kembali pulang dan menemui ibunya telah jatuh tak sadarkan diri dibawa oleh petugas ke rumah sakit. Di dalam rumah sakit Arthur ditemani Sophie untuk menjaga ibunya. Disisi lain ia teringat ucapan Thomas Wayne yang menyebutkan bahwa ibunya mempunyai gangguan delusi parah dan gila sehingga ia dirawat di rumah sakit jiwa.

Arthur berusaha memastikan bahwa itu semua tidak benar. Ia pergi menuju rumah sakit jiwa tempat ibunya disebutkan. Petugas administrasi menceritakan bahwa Ibunya mempunyai gangguan delusi parah dan mengaku sebagai kekasih gelap Thomas Wayne, dia memiliki anak dari hasil adopsi namun anaknya itu seringkali disakiti dan dipukuli sehingga mengakibatkan cedera neurologis. Ibunya dengan terpaksa ditahan di rumah sakit jiwa selama beberapa tahun demi keselamatan Arthur. Mendengar itu Arthur tidak percaya dan menarik paksa dokumen ibunya yang tidak boleh diberikan oleh petugas administrasi. Hal tersebut memicu kerusuhan karena Arthur berlari membawa dokumen tersebut. Betapa kecewanya Arthur membaca isi dokumen tersebut yang melampirkan catatan adopsi dirinya, ternyata semua itu benar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline