Lihat ke Halaman Asli

Nida Hepiana

Mahasiswa

Cara Merawat Ikan Hias

Diperbarui: 3 April 2024   15:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Berikut ini beberapa tips umum  merawat ikan akuarium secara umum :

 1. Menjaga Kualitas Air 

Menjaga kualitas air yang baik pada akuarium anda sangatlah penting. Untuk mencapai hal ini, saring air dengan  filter yang sesuai dan ganti sebagian air secara teratur (biasanya sekitar 10-25% per minggu), tergantung pada ukuran akuarium dan jumlah ikan.


 2. Pemantauan Kualitas Air

 Anda juga harus mengukur kualitas air secara rutin dengan menggunakan alat pengujian kualitas air. Parameter penting adalah nilai pH, amonia, nitrit dan nitrat. Pastikan parameter ini berada dalam kisaran yang sesuai untuk spesies ikan Anda.


 3. Pakan yang sesuai

Berikan pakan yang sesuai dengan jenis ikan yang anda pelihara. Beberapa ikan membutuhkan makanan yang bervariasi, termasuk makanan hidup, makanan beku, dan makanan kering. Jangan memberi makan terlalu banyak atau terlalu sedikit.


 4. Menjaga kestabilan suhu air

Memastikan suhu air  dalam akuarium tetap stabil sesuai dengan kebutuhan jenis ikan. Jika perlu, gunakan pemanas akuarium  untuk menjaga suhu yang tepat.


 5. Pengaturan Akuarium

 Ciptakan lingkungan yang memenuhi kebutuhan ikan akuarium Anda. Sediakan tempat berlindung, tanaman hidup, dan dekorasi lainnya untuk memberikan perlindungan dan penerangan yang tepat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline