ANALISIS MULTIMODAL IKLAN SUSU BEAR BRAND
oleh
Nico Sanjaya Praramadhani
NPM 22420073, Prodi Kimia Tekstil, Politeknik STTT Bandung
Abstrak
Artikel ini membahas tentang analisis multimodal iklan Bear Brand. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna atau arti yang terkandung dalam iklan Bear Brand. Iklan baik iklan media cetak ataupun iklan media elektronik merupakan salah satu teks yang mempunyai kekompleksitasan makna. Kekompleksitasan makna itu terjadi sebab untuk menyampaikan pesan di dalam iklan tidak saja menggunakan unsur bahasa melainkan juga unsur bahasa nonverbal dan sarana visual lainnya. Oleh karena itu, untuk memahami kekompleksitasan makna perlu dilakukan analisis multimodal dalam iklan tersebut. Analisis multimodal sendiri adalah proses memaknai sesuatu menggunakan bahasa, gambar, gerak tubuh, tindakan, suara, dan sumber lainnya. Dalam iklan Bear Brand yang selalu menjadi bintang iklan adalah seekor naga sehingga inilah yang menarik dalam iklan susu Bear Brand ini. Dari analisis iklan Bear Brand diperoleh hasil bahwa iklan Bear Brand memiliki sistem semiotik multimodal yang meliputi unsur linguistik/bahasa, visual, audio, gestural, dan spasial. Dan naga sendiri adalah penggambaran dari kehebatan susu beruang ini yang memiliki banyak manfaat.
Kata kunci: iklan, analisis, dan multimodal
Pendahuluan
Iklan adalah pemberitahuan kepada khalayak umum mengenai barang atau jasa yang dijual, biasanya iklan dipasang di dalam media massa atau di tempat umum. Iklan juga didefinisikan sebagai berita untuk mendorong dan membujuk khalayak agar ramai tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Suatu iklan mempunyai tujuan salah satunya dalah untuk menginformasikan, mengingatkan dan membujuk konsumen untuk membeli produk tersebut. Seperti pada iklan Bear Brand yang dibuat unik untuk menarik perhatian khalayak. Iklan susu Bear Brand dibuat berbeda dengan iklan susu lainnya yang menampilkan figur manusia atau dialog di dalam iklan, namun berbeda dengan iklan susu Bear Brand yang tidak menampilkan figur manusia sebagai model dalam iklan tersebut. Iklan Bear Brand hanya menampilkan animasi seekor naga yang disertai narasi dan dibagian penutup iklan terdapat slogan “Bear Brand Rasakan Kemurnian!” khalayak umum pun mengenal susu sapi ini dengan iklan naga.
Susu Bear Brand di kalangan masyarakat dikenal sebagai susu yang bisa mengembalikan imun tubuh. Masyarakat membeli ini di saat sakit agar tubuh kembali sehat dan imun tubuh meningkat. Banyak manfaat kesehatan yang terkandung dalam susu ini. Salah satunya adalah menjaga kesehatan paru-paru, karena itulah susu ini banyak dicari oleh masyarakat di masa pandemi.
Di media sosial banyak meme susu Bear Brand karena iklannya yang unik karena dalam iklan susu tersebut nagalah yang muncul sebagai tokoh iklan dan beruang yang menjadi logo pada kaleng susu Bear Brand. Masyarakat pun banyak yang mengenal meme iklan tersebut yang disebarkan melalui media sosial.