Lihat ke Halaman Asli

Cintai dan Pakailah Produk Lokal

Diperbarui: 18 Februari 2021   10:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Koleksi Pribadi

Di Indonesia, memang masih banyak budidaya yang perlu di lestarikan maupun di tingkatkan agar diketahui banyak orang. Kearifan lokal ini merupakan bagian dari budaya masyarakat yang tidak dapat dipisahkan dari budaya masyarakat tersebut. Kearifan lokal ini dapati diwariskan secara turun menurun dari generasi ke generasi. Kearifan lokal ini juga merupakan suatu pengetahuan yang di temukan oleh masyarakat tertentu melalui pengalaman mereka dan memcoba hal yang baru dan meningkatkan pemahaman terhadap budaya serta keadaan di suatu tempat. Kearifan lokal ini juga memiliki banyak sekali wujud dan bermacam-macam di setiap pulau. Kearifan lokal ini memiliki ciri ciri yaitu mempunyai kemampuan untuk mengkomodasi kan budaya luar. Memiliki kemampuan memberi arah dalam perkembangan budaya dalam maupun budaya luar.

Mempunyai kemampuan mengintergrasi maupun menyatukan budaya luar dengan budaya yang asli. Kearifan lokal ini juga dapat memberi arahkan dalam perkembangan budaya dan juga dapat bertahan dalam budaya luar. Kearifan lokal juga memilki beberapa fungsi yaitu untuk konservasi dan pelestarian sumber daya alam di suatu tempat. Kearifan lokal juga berfungsi untuk pengembangan sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Kearifan lokal juga digunakan untuk pengembangan kebudayaan dan ilmu pengetahuan, conthnya pada upacara sarawati dan kepercayaan di suatu tempat. Kearifan lokal ini sangat bermakna sosial seperti upacara kebudayan. Kearifan lokal juga bermakna tentang etika dan modal yang terwujud dalam upacara ngaben serta penyucian roh leluhur di suatu tempat dan sudah menjadi kebudayan di tempat tersebut. Kearifan lokal sangat berperan penting dan sangat penting dalam masyarakat karena kearifan lokal ini menjadi ciri khas dan budaya di masyarakat yang sangat penting dan memiliki makna yang sangat penting. Karena kearifan lokal ini merupakan budaya dari masyarakat secara turun menurun dan berasal dari pengetahuan masyarakat maka dari itu kita harus menjaga budaya lokal dan kita juga harus melestarikan budaya -- budaya lokal di suatu tempat atau di suatu negara agar tidak punah dan agar tidak hilang.

Ada juga beberapa cara untuk melestarikan budaya-budaya lokal yang berada di suatu negara maupun di suatu negara. Dan caranya juga berbeda- beda di setiap tempat maupun di setiap negara. Kita harus mempelajari budaya-budaya lokal di sekolah maupun di rumah. Karena budaya lokal ini sangat penting dalam masyarakat dan budaya di setiap tempat maupun di setiap negara akan berbeda --beda dan budaya mereka sangat unik dan memiliki makna yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat di tempat tersebut. Kita juga bisa ikut berpartisipasi jika ada kegiatan dalam pelestarian kebudaya maupun mengikuti organisasi yang di adakan pemerintah di suatu tempat maupun disuatu negara dalam pelestarian budaya-budaya lokal. Kita juga harus lebih memperkenalkan budaya-budaya lokal ke orang lain atau bisa juga ke orang luar agar orang luar dapat mengetahui budaya-budaya lokal yang berbeda -- beda dan menarik untuk di pelajari dan untuk di datangi. Kita sebagai masyarakat lokal juga harus mencintai budaya -- budaya lokal yang berada di suatu tempat karena budaya tersebut memiliki makna yang sangat penting dalam masyarakat. Kita juga harus menggunakan budaya -- budaya yang dari terkecil dalam kehidupan sehari --hari seperti kebudayaan Bahasa dalam masyarakat.

Kita juga harus mengajarkan kebudayaan tersebut pada generasi selanjutnya agar kebudayaan tetap bertahan dan agar budaya tersebut tidak menghilang di dalam masyarakat, juga kita harus mengajarkan ke orang -- orang lain dari dalam negeri maupun di luar negeri agar budaya luar mengetahui budaya Indonesia yang sangat menarik. Kita juga harus menghindari ketika seseorang mengatakan hal hal yang tidak baik untuk budaya tersebut di dalam tempat maupun di suatu negara. Kita juga tidak boleh menjelek -- jelekkan budaya luar maupun budaya lain. Kita juga harus menghargai budaya satu dengan yang lain maupun itu dari budaya luar maupun budaya lokal karena budaya di dalam masyarakat maupun disuatu tempat sangat berharga satu dengan yang lain dan sangat penting bagi kehidupan masyarakat karena budaya tersebut dari nenek moyang kita dan diwariskan utnuk generasi generasi selanjutnya jadi budaya tersebut sangat penting dan sangat bermakna bagi masyarakat. Kita juga dapat mengenalkan produk lokal kepada orang luar contohnya seperti mengenakan batik. Kita juga dapat mengekspor barang barang hasil kesenian budaya lokal ke luar negeri ataupun ke masyarakat sekitar.

Terdapat juga strategi --strategi dalam pemberdayaan komunikas di suatu negara yaitu dengan membantu dalam memberikan bantuan kepada kelompok -- kelompok tertentu di suatu tempat seperti masyarakat yang terkena musibah atau bencana alam kita dapat membantu dengan membuka donasi dan memberikan beberapa keperluan untuk masyarakat yang terkena musibah tersebut. Kita juga bisa memusatkan perhatian kepada pembangunan untuk meningkatkan kemandirian, kemampuan seseorang maupun keswadayan masyarakat. Juga dengan berusaha untuk memperdayakan atau melatih rakyat untuk mengatasi ketidakperdayaan budaya di suatu tempat.

Jadi kita harus menghargai setiap budaya dalam masyarakat karena setiap budaya tersebut sangat penting bagi kehidupan masyarakat. Dan masih banyak budaya -- budaya di suatu tempat maupun di suatu negara yang perlu di lestarikan jadi kita perlu mememperhatikan budaya- budaya lokal dengan baik dan kita juga harus bangga karena kita memiliki budaya yang sangat menarik dan sangat penting karena budaya tersebut merupakan warisan dari nenek moyang kita untuk generasi -- generasi selanjutnya. Kita juga harus memperkenalkan budaya-budaya lokal kepada orang lain maupun orang luar karena budaya Indonesia sangat bermacam- macam dan sangat unik dalam setiap budaya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline