Lihat ke Halaman Asli

Patuhi Protokol Kesehatan, Lawan Covid-19

Diperbarui: 10 Agustus 2020   10:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Saat ini, banyak penyakit yang sudah menyebar ke seluruh negara, salah satunya adalan penyakit corona yang baru-baru ini menyebar luas ke beberapa negara. Penyakit ini berawal dari negara China dan kini menyebar ke beberapa negara, salah satunya Indonesia. Penyakit ini dapat menyebar dengan cepat melalui udara maupun kontak fisik. 

Penyakit ini dengan cepat menyebar hingga keseluruh dunia, dan itu membuat Indonesia menjadi waspada dengan penyakit ini. Dengan itu pemerintah dan organisasi kesehatan memberlakukan kebijakan yaitu menjaga jarak dengan orang-orang yang disebut dengan social distancing dan karantina.

Selama beberapa hari dan selama masa penyebaran penyakit ini, masyarakat di himbau untuk tetap di rumah agar tidak terkena penyakit tersebut. Pemerintah dan organisasi kesehatan yaitu World Health Organization (WHO) juga menghimbau masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan selama pandemi ini, memakai masker jika berpergian ke luar rumah , memakai antis/hand sanitizer kemana setelah menyentuh barang-barang dan membawanya jika pergi keluar rumah, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan atau berpergian.

Sudah banyak masyarakat yang terkena penyakit ini. Masyarakat juga dihimbau untuk melakukan kegiatan dan aktivitas di dalam rumah. Melakukan pekerjaan dalam kantor maupun sekolah secara online. 

Dengan online juga akan sangat menyulitkan untuk para siswa maupun orang tua. Karena dengan online siswa harus tetap di depan laptop dari pagi hingga sore yang membuat mata menjadi lelah. Dan dengan online tersebut tidak efektif karena jika siswa kesulitan dalam pelajaran matematik amupun pelajaran menghitung akan sulit untuk bertanya kepada guru.

Pandemi ini berlangsung cukup lama dan kasus dalam Indonesia juga semakin bertambah banyak. Angka kesembuhan dan angla kematian semakin bertambah. Dalam pengalaman saya, mini sudan new normal dimana masyarakat sudan boleh berpergian keluar rumah tetapi tetap mengikuti protokol kesehatan yang di ajukan oleh pemerintah maupun oleh organisasi kesehatan. 

Masyrakat sudah banyak yang berpergian keluar rumah, seperti ke mall, supermarket, berkumpul dengan teman, dan lain sebagainya. Tetapi, banyak juga masyarakat yang berkumpul dengan teman atar berpergian keluar rumah memakai masker tetapi ketelah berkumpul dengan teman mereka melepaskan masker mereka.

Ada juga masyarakat yang mash tidak mengikuti intruksi dari pemerintah dan mengikuti protokol dengan baik. Masih banyak masyarakat yang melepaskan masker dan juga tidak menjaga jarak. 

Karens banyak sekali masyarakat yang tidak mengikuti prokotol kesehatan yang diajukan oleh pemerintah dan organisk kesehatan, kasus penyakit corona di Indonesia semakin bertambah. 

Kasus di Indonesia kini bertambah banyak dan sudah mengalahkan kasus yang berada di negara China, yaitu negara yang pertama menemukan penyakit tersebut. Karena kasus yang semakin bertambah dalam negara Indonesia, begitupun dengan tingkat kematian dan kesembuhan yang juga bertambah banyak, masyarakat tetap di rumah dalam waktu yang cukup lama hingga kasus di Indonesia berkurang.

Agar penyakit ini cepat selesai dan kita dapat beraktivitas seperti biasa, maka kita harus tetap menjaga kesehatan dalam masa pandemi ini. Masyarakat juga wajib untuk mengikuti prokotol yang diselenggarakan oleh pemerintah kan organisasi kesehatan dari World Health Organization (WHO). Juga tetap menjaga jarak agar tidak terkena dan menggunakan masker, mencuci tangan dengan bersih. Jika sudah berpergian keluar rumah maka harus segera membasuh tubuh agar tetap bersih. Maka dari itu tetap mengikuti protokol kesehatan agar pandemi ini segera selesai.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline