Lihat ke Halaman Asli

Tatang Tarmedi

Untuk share info mengenai politik, ekonomi, sosial dan budaya.

Sekdes Milenial dari Desa Kamal

Diperbarui: 26 November 2023   06:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

Muda dan ganteng, kesan pertama bila berhadapan dengan Sekretaris Desa (Sekdes) Kamal Kecamatan Tanjungmedar Kabupaten Sumedang Jawa Barat, Ridwan Ma'ruf S.E. Mungkin untuk di Kecamatan Tanjungmedar, ia termasuk salah satu Sekdes dengan usia termuda.

Suami dari  Devi Intan Gustiani ini mengaku pertama kali bekerja di Kantor Desa Kamal pada tahun 2016, di Bagian Perencanaan. Berjalan hingga 2021. Sebelum itu, ia sering kunjungan ke Kantor Desa Kamal selaku salah seorang penggerak PNPM. Kades dan Sekdes Kamal waktu itu menawarinya bekerja di desa.

Dokumen Pribadi

Seiring dengan berjalannya waktu, tutur pria jebolan Stibies Sumedang, terjadi seleksi untuk mengisi formasi di perangkat desa sesuai regulasi minimal harus tamatan SMA/ sederajat, " Sedikit kaget juga, ketika lihat SK, saya ditempatkan selaku Sekdes. Akhirnya, Dari 13 Januari 2023, saya menjalankan tugas selaku Sekdes, " tuturnya.

Ayah dari  Ayesha ini merasakan lebih memiliki tantangan berat ketika jadi Sekdes dibandingkan saat menjadi Kaur Perencanaan. Apalagi, katanya, Sekdes banyak disebut orang kedua dari Kades. Selain harus membereskan administerasi di kantor desa, pula harus memotivasi perangkat untuk  mempermudah pelayanan kepada masyarakat.

Sekdes pun, lanjut Ridwan, bisa berperan sebagai perivikator / motor bagi para kasi dan kaur. Tantangannya,  jadi Sekdes lebih memiliki asa desa harus lebih maju, menyatukan komunikasi  dan bertindak adil dan dewasa kepada masing-masing perangkat, " Tapi, tetap harus sealur dengan kepala desa, " pungkasnya. ( Tatang Tarmedi )




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline