Lihat ke Halaman Asli

Rebutan Kursi Putra Daerah di Pilkada 2018

Diperbarui: 16 Januari 2018   12:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sejumlah Provinsi diramaikan dengan kandidat kepala daerah atau kontestasi tokoh nasional, TNI/Polri, serta kader dari luar daerah, maka Sumatera Selatan (Sumsel) tampil beda di Pilkada Serentak 2018.

Keempat calon gubernur tidak saja memiliki pengalaman menjadi kepala daerah dan ketua DPRD, tapi juga merupakan putra-putra terbaik daerah. Sebagai catatan pula, tidak ada kandidat perempuan di provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak kedua di Pulau Sumatera itu.

Mungkin karena keragaman daerah asal dan hampir meratanya kekuatan partai pendukung, pilgub di provinsi ini akan menjadi menarik. Apalagi, mereka yang bertarung rata-rata telah menunjukkan bukti hasil kerja di daerah masing-masing yang bisa dijadikan referensi oleh calon pemilih.

Dengan demikian, para kandidat tinggal adu gagasan dan program yang bisa dijual untuk masa depan "Bhumi Sriwijaya" selain harus rajin menyapa pemilih perempuan.

Herman-Mawadi, Penguasa Wilayah Komering

Pasangan bakal calon ini mendapat dukungan resmi dari PAN, Nasdem dan Hanura, Herman Deru-Mawadi Yahya tentu akan mendapatkan ceruk pasar pemilih dari daerahnya mereka selain basis pemilih ideologis dari ketiga parpol pendukung.

Herman merupakan Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Timur dua periode sejak 2005. Demikian juga dengan Mawardi yang menjadi Bupati pertama Ogan Ilir dua periode, yakni pada tahun 2005 hingga 2015.

Kalau Herman disebut-sebut memiliki basis kekuatan suara di wilayah Komering, maka Mawardi yang tidak hanya mantan bupati, namun juga pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), merupakan sosok yang sangat dikenal di OKI, Ogan Ilir dan kota Palembang.

Wilayah Komering meliputi Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Timur, OKU Selatan) dan sekitarnya. Salah satu kekuatan paslon ini adalah karena keduanya sama-sama menyelesaikan masa jabatan tanpa tersandung kasus hukum, sampai akhirnya mendapat dukungan dari tiga partai dengan kekuatan kursi di DPRD masing-masing PAN (6), NasDem (5), dan Hanura (5).

Setelah keduanya resmi mendeklarasikan diri di hadapan ribuan masyarakat Sumsel di Plaza Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang pekan lalu mereka kini siap bertarung.

Hanya saja tentunya pasangan ini harus lebih bekerja keras karena tidak kuatnya partai pengusung selain tingkat persebaran pendukung yang lebih banyak tersegmentasi di wilayah Komering.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline