Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Kesehatan Mental

Diperbarui: 29 Juni 2018   11:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(theodysseyonline.com)

Holaa everyone! Memasuki era generasi anak jaman now hahaha yaitu jaman nya anak-anak abg alias anak baru gede kebanyakan pada sibuk curhat di media social kalo dirinya stress, frustasi, depresi dan kawan-kawan nya akibat permasalahan hidup nya, permasalahan sekolah. Atau tidak hanya pada anak-anak  remaja, orang dewasa juga tidak menutup kemungkinan untuk merasakan hal yang sama.

Sekarang aku mau membahas tentang pentingnya kesadaran akan kesehatan mental, kenapa kesehatan mental? Karena dari mental yang sehat kita bisa menghasilkan hidup yang bahagia. Dan kalau dibiarkan begitu saja bisa menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan, seperti suicide yang dilakukan oleh kebanyakan orang.

Sekarang ini kita ga asing banget kan sama kata-kata "diluar sih terlihat baik-baik aja padahal di dalem nya rapuh" yaa gapapa juga sih sama pernyataan itu, tapi akan jadi masalah yang mengkhawatirkan kalo kita sendiri aja gatau cara mengendalikan diri kita sendiri.

Permasalahan yang dialami oleh setiap orang itu berbeda-beda porsinya. Inget kan sama kata-kata "Tuhan gamungkin kasih kita cobaan diluar kemampuan kita" yap! Itu bener banget, pasti sebagian orang sering merasa tidak diperlakukan adil oleh keadaan, pernah ngerasa dirinya tidak berharga, atau merasa tersakiti oleh perlakuan orang lain, dan banyak kasus yang lain-lain, tapi pada intinya semua ada pada diri kita sendiri.

Kok diri kita sendiri? Iyaa hidup adalah pilihan, tergantung kita mau tidak merasa sedih karna hal itu, kita sendiri yang bisa mengendalikannya, selama kita tidak menaruh harapan pada orang lain, mau orang lain itu sampe jungkir-balik pun nyakitin perasaan kita, kita ga akan terpengaruh karna letak kebahagiaan kita ada pada diri kita sendiri bukan pada orang lain.

Kita juga mungkin masih sering lupa untuk bersyukur, jangan lupa untuk selalu bersyukur sama apa yang kita punya, misalnya seperti kita masih punya keluarga yang bisa support kita dan self-love itu juga penting banget lho, jangan sampe kita aja ga sayang sama diri kita sendiri yaa, karna kalo kita udah sayang sama diri kita pasti kebahagiaan yang lainnya akan datang dengan sendirinya.

Stop buat membandingkan kebahagiaan kita dengan orang lain, karna itu tidak penting. Kita tidak tau apa yang sebenarnya yang terjadi dengan orang lain itu, masalah apa yang sudah mereka lewati pada orang lain kita tidak tahu, jadi don't compare our life with others.

Kadang kita juga merasa mudah untuk memaafkan kesalahan orang lain, tapi berat banget buat memaafkan diri sendiri. Merasa menyesal dengan kegagalan yang terjadi itu tidak menguntungkan apa-apa. Misalnya kita menyesal putus dengan pacar karna kita merasa gagal untuk mempertahankan hubungan, stop act like that! Setiap kejadian yang terjadi pasti ada hikmahnya, dengan kita memaafkan diri kita, kita bisa menjadi lebih tenang, rileks, lebih ikhlas. Jangan menyesal tapi terus memperbaiki diri itu solusi yang baik.

Tau juga kan sama nasehat "jangan dengerin omongan orang" ? jangan terpaku dengan apa yang orang bilang tentang hidup kita. Ini hidup kita, kita sendiri yang tau kebahagiaan kita, kita yang punya tanggung jawab atas kebahagiaan kita, focus dan lakukan apa yang kalian suka, selama itu tidak merugikan orang lain, itu tidak masalah.

Dan terakhir, jangan lupa untuk tidak mengeluh dan selalu tersenyum sekalipun badai menghadang. Kita harus bisa melakukan bahagia karna senyum, bukan senyum karna bahagia. Jelas beda banget kan? Karna dengan senyum aja bisa mengubah suasana hati dan menjadi obat stress secara alami. So, smile!

Jadi, menurut aku ga hanya kesehatan fisik aja yang penting, tapi kesehatan mental juga sama pentingnya. So, stay positive!❤




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline