Salam dan Bahagia
Hai, Bapak dan Ibu Guru Hebat berikut adalah refleksi saya selama mengikuti kegiatan pada modul 2.1 Pembelajaran Untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid. Tujuan dari refleksi ini adalah sebagai umpan balik terhadap proses pembelajaran pada modul 2.1 Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid. Jurnal Refleksi ini saya tulis supaya dapat memotivasi guru-guru di seluruh Indonesia untuk melakukan pelayanan terbaik kepada murid dengan menerapkan Pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar murid. Melalui Jurnal Refleksi ini saya merefleksikan kembali pengalaman yang saya dapatkan setelah mengikuti proses pembelajaran dalam memahami materi modul 2.1 ini. Harapan saya setelah membagikan pengalaman harapan saya, jurnal refleksi ini dapat memberikan dorongan kepada Bapak/ Ibu Guru untuk menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi. Model refleksi yang saya gunakan adalah model 4F ( Facts, Feelings, Findings dan Future).
1. FAKTA
Pada minggu kedua bulan Febuari, kami mengikuti pre-test tepatnya pada tanggal 8 Febuari 2023. Pada tahap Pre- test ini kami berikan kesempatan untuk memilih waktu mengerjakan yang dibatasi jam pelaksanaan yaitu di mulai jam 09.00 WIB pagi sampai Jam 11.59 WIB malam. Kemudian di lanjutkan dengan pembelajaran daring yaitu memahami materi yang ada pada modul di LMS Kemudian memberikan umpan balik pada setiap materi di Eksplorasi Konsep. Pada Ruang Kolaborasi, kami melakukan diskusi bersama CGP yang di dampingi oleh Fasilitator dalam memahami materi pembelajaran berdiferensiasi. Selanjutnya pada tanggal 6- 10 Febuari kegiatan PI yaitu Pendampin Individu. Adapun kegiatan tersebut dilakukan oleh Penggajar Praktik untuk mendampingi Guru CGP dan memantau kegiatan Aksi CGP di Sekolah.
2. PERASAAN
Pada awal pembelajaran Modul 2.1 saya merasa bingung, penasaran dan antusias terhadap materi ini. Pertama, saya merasa bingung pada istilah kata Berdiferensiasi. Saya belum mendapatkan bayangan yang jelas berkaitan dengan pembelajaran berdiferensiasi itu seperti apa? Saya penasaran seperti apakah pembelajaran berdiferensiasi dan bagaimana menerapkan pembelajaran berdiferensiasi ? Melalui ruang kolaborasi bersama dengan Rekan CGP kami berdiskusi memahami materi modul 2.1 ini. Melalui kegiatan tersebut saya terdorong untuk mewujudkan Pembelajaran Berdiferensiasi berlandaskan pada gaya, minat dan kesiapan belajar murid.
3 PEMBELAJARAN
Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang mengakomodir kebutuhan Belajar Murid. Untuk merencanakan pembelajaran berdiferensiasi guru harus merancang RPP pembelajaran Berdiferensiasi yang berlandaskan pada gaya dan minat belajar murid. Supaya mengatahui Kebutuhan Belajar Murid langkah awal yang dilakukan seorang guru adalah melakukan pemetaan untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar murid. Adapun pemetaan tersebut dilakukan pada tahap awal pembelajaran misalnya mengada Pretest atau observasi langsung. Setelah mengetahui kebutuhan murid guru membagikan kelompok belajar sesuai dengan minat, gaya belajar dan kemapuan murid sehingga guru dapat menyusun pembelajaran sesuai yang dibutuhkan murid.
4. PENERAPAN