Lihat ke Halaman Asli

Nicholas

Mahasiswa

Arsitektur adalah Solusi

Diperbarui: 15 Januari 2023   15:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS


Lahan menjadi salah satu masalah yang berada di Indonesia, dengan menipisnya lahan yang ada di negara kita. Peran pemanasan global juga sangat berpengaruh di dunia kita dan dan mengatasinya menggunakan seni arsitektur. Maka kita harus memutar otak, berpikir kreatif tentang inovasi - inovasi yang harus dilakukan untuk melestarikan Negara Indonesia. Hal ini perlu dilakukan dengan segera untuk manusia, demi keberlangsungan kehidupan manusia. Arsitektur memiliki peranan yang penting di dalam kehidupan manusia, dengan seni arsitektur kita dapat membuat tempat perlindungan, tempat tinggal, dengan estetika tertentu dan kenyamanannya. Dengan arsitektur kita dapat menghubungkan satu tempat dengan tempat lainnya, dari yang tidak mungkin hingga yang mungkin.

Indonesia terancam, hal ini dibuktikan dengan adanya riset menunjukkan bahwa tidak hanya jakarta namun banyak area di Pulau Jawa yang dapat terendam karena adanya kenaikan air yang terjadi karena adanya pemanasan global. Prediksinya di tahun 2050 diprediksikan 90% dari wilayah Jakarta terutama di bagian utara itu akan bisa juga kemudian tenggelam karena budaya atau kemudian penggunaan air yang kemudian tidak segera diselesaikan dan terus mengambil air dari tanah yang memang semakin seeking pastinya," tambah Direktur Utama PAM Jaya Arief Nasrudin. Tidak lepas dari pemanasan global, Indonesia juga memiliki lahan kering seluas 53.963.705 ha / 28.67% dari seluruh luasan negara Indonesia sendiri. Pembangunan yang terjadi di Indonesia pun seringkali berakhir dengan tidak bertanggung jawab, banyaknya aset hutan yang rusak akibat pembangunan tidak bermoral, mengakibatkan kerugian dan pemanasan global yang berlebihan.

Selebihnya, apa solusi yang ada untuk mengatasi permasalahan - permasalahan di atas?
Beberapa negara lain sudah mempraktikkan beberapa ide dan konsep baru yang inovatif dan bermanfaat bagi negara mereka, sesuai dengan kebutuhan mereka masing - masing. Mulai dari pembangunan blokir perairan hingga desain ramah lingkungan, ataupun pertanggungjawaban lingkungan. Bagaimana cara desain tersebut dipraktikkan?

Seni Arsitektur Minimalis
 Arsitektur minimalis merupakan salah satu seni arsitektur yang fokus pada kebutuhan dasar dan berkesan modern, simpel, tidak rumit, dan menekankan pada fungsi suatu unsur dalam sebuah bangunan. Arsitektur minimalis sendiri biasanya dibangun karena adanya suatu tujuan yang harus dipenuhi. Tanpa adanya suatu alasan, arsitektur minimalis hanyalah sebuah desain yang dianggap tidak ada usaha. Arsitektur minimalis sendiri menggunakan material - material yang simpel dan sesuai dengan kebutuhan dan fungsi, maupun keinginan pengguna. Dengan menggunakan seni arsitektur minimalis kita dapat menghemat adanya space yang akan digunakan dan material yang tidak penting untuk dibangun. Dengan menekankan prinsip sederhana dan "minim," kita dapat menciptakan sesuatu yang berfungsi dan tidak memakan banyaknya tempat, sesuai dengan permasalahan di Indonesia, semakin sempitnya lahan kawasan dan kurangnya pohon atau lahan hijau akibat kurangnya tempat tinggal para penduduk."Kemarin (kemacetan Jakarta) sudah 48 persen. Jadi betul-betul tidak nyaman," ucap Dirlantas Polda Metro Jaya Latif Usman. Volume jalan di Jakarta tidak sebanding dengan padatnya kawasan yang ada, kawasan Jakarta sangat padat sehingga tidak sebanding dengan banyaknya manusia yang tinggal.

Memanfaatkan unsur simpel dari arsitektur dapat membawa manusia ke dalam jenjang yang lebih tinggi. Waktu yang diperlukan manusia untuk membangun, membersihkan lahannya dikurangi, lahan yang dipakai juga tidak banyak sehingga dapat mengurangi dana yang dibutuhkan. Dana yang dipakai dan dana yang akan kembali jika dijual bisa sebanding karena daya jual yang masih tinggi, sehingga tidak menyebabkan inflasi dana yang sering terjadi di negara -  negara berkembang. Memanfaatkan unsur minimalis berarti memanfaatkan minimnya penggunaan SDA sebagai sumber utama, sehingga penggunaan pohon dapat dikurangi. Adanya desain minimalis akan mengurangi penggunaan lahan yang tidak fungsional, sehingga lahan yang bisa dimanfaatkan dengan baik akan bisa dilaksanakan fungsinya dengan lebih terstruktur dan lebih fungsional, seperti pelebaran jalan sehingga kemacetan dapat diatasi.

Desain Ramah Lingkungan
Dilansir rumahcom, penerapan green building dapat membawa banyak manfaat dalam mengatasi permasalahan di Indonesia. Salah satu manfaatnya adalah mengurangi jejak karbon yang menjadi masalah utama di dalam dunia industri pekerjaan di dunia. Karbon dapat dihasilkan dari berbagai aktivitas manusia, salah satunya adalah penggunaan listrik yang mencakup menyalakan lampu, menggunakan kipas, dll. Karbon sendiri dapat memicu pemanasan global yang nantinya akan mengakibatkan penyebaran penyakit, rusaknya ekosistem hutan sebagai respirasi dunia, dan es di kutub utara dapat mencair sehingga mengalami kenaikan volume air laut.

Desain green building sendiri memang ditujukan untuk keberlangsungan hidup manusia, membawa dampak positif, desain yang adaptif dan mengurangi terjadinya kerusakan keberlanjutan atau pemanasan global. Memanfaatkan green building akan meningkatkan kualitas hidup manusia, air sebagai contohnya akan diproses dengan baik karena adanya air tanah yang terfilter tanaman hijau dan siklus air yang lancar. Tanaman hijau yang disediakan akan memfilter udara dan meningkatkan kadar oksigen yang baik bagi lingkungan. Dengan adanya green building mengatasi berbagai permasalahan di Indonesia bahkan dunia karena adanya keseimbangan dalam lingkungan kerja dan lingkungan yang menyediakan lahan hijau sebagai hubungan timbal balik antara kawasan yang digunakan dan kawasan sebelum digunakan. Sehingga ekosistem yang digunakan tidak benar - benar rusak karena adanya ekosistem yang cukup. Pemanasan global yang mengakibatkan volume air laut yang naik dapat diatasi dengan berbagai cara, salah satunya adalah reboisasi atau green building, namun masih banyak cara lainnya.

Pemblokiran Air
Banyaknya permasalahan di kehidupan sekitar membawa banyak kerugian namun sebagai manusia kita harus terus maju dan menciptakan sesuatu yang baru untuk mengatasi masalah tersebut. Adanya kenaikan air di bagian tanah akibat cuaca yang tidak terduga dapat dimanfaatkan sebagai lahan pertanian, perairan terhadap pertanian. Kenaikan air juga dapat diakibatkan karena adanya pemanasan global sehingga volume air laut terus naik akibat mencairnya es di kutub. Demikian, diperlukan inovasi atau penyontohan suatu cara dari negara lain, seperti Belanda. Dilansir dari laman Dutch Review, satu pertiga atau 27% wilayah Belanda berada di bawah permukaan laut. Adanya dike sebagai area dalam mengatasi atau membatasi air agar tidak meluap dan adanya dune dalam proyek Belanda dalam mengatasi banjir. Dune sendiri adalah bukit pasir yang membatasi area daratan dan perairan. Indonesia sendiri sudah melakukan hal demikian dalam membuat bendung di berbagai daerah. Hal - hal seperti ini lebih baik dihindari daripada diteruskan, seperti melakukan reboisasi terhadap lahan - lahan yang dipentingkan untuk keberlangsungan hidup manusia. Dengan begitu, adanya desain simpel dan green building sangat dibutuhkan untuk keberlangsungan hidup manusia yang lebih baik.

Banyaknya manfaat yang dapat dihasilkan dari mengutamakan fungsi unsur - unsur terkecil bangunan dan kesederhanaan suatu kompleksitas. Mengutamakan fungsi dan menggabungkannya dengan desain yang ramah lingkungan menjadi suatu solusi agar kita dapat membangun dunia yang lebih asri dan lebih layak dihuni untuk peradaban manusia kedepannya. Oleh karena itu, pemanasan global dapat dicegah dengan melakukan berbagai cara - cara di atas dan sangat direkomendasikan untuk negara - negara berkembang maupun maju yang mengalami permasalahan yang serupa khususnya Pulau Jawa yang sering terendam banjir, gempa, dan banyaknya masalah lain yang dapat diatasi juga.

Selain itu, jumlah penduduk yang tidak merata juga mengakibatkan suatu inflasi di suatu wilayah sehingga pembangunan tidak merata, mengakibatkan banyaknya suatu peningkatan kritis polusi di satu wilayah. Dengan begitu, desain ramah lingkungan dan kesederhanaannya yang sesuai dengan fungsi yang dibutuhkan sangat diprioritaskan bagi negara yang sedang membutuhkan.

DAFTAR PUSAKA

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline