Lihat ke Halaman Asli

Hani Debyyana

Menulis itu perlu persiapan otak, otot, kuota, buku dan berbagai camilan

Makanan untuk Kekebalan Tubuh

Diperbarui: 1 Oktober 2022   14:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foodie. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

 

Pengertian kekebalan tubuh

Tubuh manusia tidak bisa lepas dari mikroorganisme. Manusia memang harus hidup berdampingan dengan mikroorganisme yang sebagian besar berpotensi menjadi musuh yang dapat mengancam kesehatan manusia. Dalam keadaan seperti itu, manusia membutuhkan perlindungan.

 System perlindungan manusia selain dapat dibangun dari luar tubuh, juga ada dalam tubuh manusia yang berjalan secara sistematik dan bekerja optimal secara alamiah.

Secara garis besar, system pencernaan tubuh terdiri dari tiga bagian yaitu kulit, pernapasan dan pencernaan. Apabila salah satu atau ketiganya dikalahkan oleh serangan mikroorganisme yang berasal dari luar tubuh, maka system pertahanan tubuh akan melemah.

Ada enam jenis mikroorganisme penyebab penyakit atau pathogen, yaitu prion,  virus, bakteri, protozoa, jamur dan parasit. System imunitas didesain untuk mengenal dan menghancurkan benda asing yang masuk dalam tubuh manusia termasuk pathogen pada manusia.

Terkadang, system kekebalan tubuh menang melawan mikroorganisme penyebab penyakit namun terkadang juga kalah dalam melawan mikroorganisme tersebut, akibatnya akan membuat kita sakit. Untuk mengatasi menurunnya system kerja imun, dibutuhkan suatu strategi hidup sehat yang baik yang dapat memberikan keunggulan bagi system kekebalan kita. Salah satunya adalah dengan makanan sehat yang bergizi tinggi.

Ada dua zat gizi utama yang perlu diketahui, yaitu:

- Zat gizi mikro. Salah satu kelompok nutrisi utama yang dibutuhkan tubuh. Termasuk didalamnya adalah vitamin dan mineral. Vitamin diperlukan untuk produksi energy, fungsi kekebalan, pembekuan darah dan fungsi lainnya. Mineral berperan penting dalan pertumbuhan, kesehatan tulang, keseimbangan cairan dan banyak proses lainnya. Kita harus mendapatkan asupan nutrisi mikro dari makanan karena tubuh tidak dapat memproduksi vitamin dan mineral.

-Zat gizi makro. Termasuk didalamnya adalah protein, lemak, karbohidrat. Masing -- masing nutrisi makro tersebut menyediakan energy dalam bentuk kalori.

Makanan yang dapat meningkatkan kekebalan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline