Lihat ke Halaman Asli

Nia Rahmadani

Mahasiswa

Strategi Pemasaran

Diperbarui: 24 Maret 2024   20:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

1.*Strategi pemasaran jasa dan produk  Apakah bisa disamakan? 

Pendapat saya Strategi pemasaran jasa dan produk tidak sama karena karakteristik yang dimiliki keduanya sangat berbeda. Strategi pemasaran jasa berfokus pada menunjukkan manfaat dan nilai yang bisa pelanggan rasakan, sementara strategi pemasaran produk menggunakan foto-foto produk untuk membuat pelanggan tertarik. Pemasaran jasa tidak bisa dilihat hanya bisa dialami dan jadi responnya agak lambat. Produk berwujud lebih mudah dipasarkan daripada layanan tidak berwujud karena pengiklan dapat dengan mudah membuat perbandingan antara berbagai produk, sedangkan pemasaran jasa sering berfokus pada pemasaran orang-orang yang menyediakan layanan dan membangun hubungan dengan pelanggan. Karena jasa tidak berwujud dan berbeda dari produk fisik, strategi pemasaran yang digunakan pengiklan untuk mempromosikannya juga berbeda. 

2.* Bagaimana hubungan antara bauran Pemasaran dengan strategi pemasaran  perusahaan? *

Hubungan antara bauran pemasaran dan strategi pemasaran perusahaan adalah yang paling penting dalam meningkatkan produktivitas dan efektifitas dalam mencapai tujuan pemasaran. Bauran pemasaran atau marketing mix merupakan sekumpulan alat yang digunakan dalam strategi pemasaran perusahaan, yang terdiri dari empat variabel yang dikenal sebagai 4P, yaitu produk, harga, promosi, dan distribusi. Strategi pemasaran yang efektif memungkinkan perusahaan untuk memahami kebutuhan dan preferensi konsumen, membedakan diri dari pesaing, dan membangun hubungan yang baik dengan konsumen.Perusahaan dapat mengembangkan strategi produk, strategi harga, promosi, dan tempat ke dalam suatu rencana strategi yang menyeluruh, yang berhubungan dengan volume penjualan dan hasil yang diperoleh sebagai akibat dari dana yang dikeluarkan untuk kegiatan pemasaran tersebut. Dalam strategi pemasaran, bauran pemasaran digunakan sebagai salah satu alat untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan dengan mengacu pada 4P..

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline