Lihat ke Halaman Asli

Nia Marisa

Mahasiswa UIN ril fakultas syariah hukum keluarga islam

UIN Raden intan lampung (Kampus Hijau) Peringkat 8 Besar UI Green Metric

Diperbarui: 27 Oktober 2022   09:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Ini Penyebab Gedung Rektorat UIN Lampung Dingin Tanpa AC?


*Pernahkah mengunjungi Gedung Rektorat UIN Raden Intan Lampung? Jika pernah berkunjung ke gedung itu dan berjalan di sisi bagian dalamnya tentu akan merasakan suasana angin semilir dan menyejukkan, dan itu bukan disebabkan karena penyejuk udara (air conditoner).


*Berikut penjelasan Arinto Prabowo, S.T. seorang insinyur bidang energi yang pernah mengunjungi Gedung Rektorat UIN Lampung.

*"Sistem penghawaan yang ada di gedung rektorat merupakan salah satu penerapan green building dimana gedung memungkinkan untuk mendapat sirkulasi secara alami. Dengan posisi pengarah penghawaan secara vertikal, menyebabkan arah angin pada siang hingga sore hari yang cenderung bergerak ke arah barat masuk ke arah selubung/pengarah vertikal tersebut." Ditambahkan Arinto, "sehingga pada waktu-waktu tersebut keadaan ruangan dalam gedung rektorat tetap sejuk meskipun cuaca sedang terik."

*Menurutnya, desain di Gedung Rektorat UIN Lampung sangat baik dalam rangka memenuhi kebutuhan teknis green building, karena dengan sistem penghawaan alami yang ada di gedung rektoratakan menghemat penggunaan energi listrik dan biaya operasional pada gedung. "Pada umumnya untuk penggunaan sistem pendingin gedung memerlukan energi listrik yang besar, konsep Gedung Rektorat UIN Lampung sudah sangat bagus.Green building harus memenuhi konsep antara lain sejuk, terang, dan hemat," demikian penjelasan Arinto Prabowo, S.T. tentang konsep green building Gedung Rektorat UIN Lampung.

Pohon dapat membantu menjernihkan air dengan berfungsi sebagai filter. polutan dan partikel berbahaya dapat tersaring ketika air mengalir melalui pohon-pohon yang ada. Selain itu,pohon juga menjaga formasi tanah agar tidak terkikis dan mengkontaminasi sumber air tersebut.

Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) UIN Raden Intan Lampung turut memberikan sumbangsih dalam menghijaukan kampus. Melalui agenda PBAK,camaba ini menanam pohon di lingkungan kampus UIN tepatnya di belakang Mahad Aljamiah penanaman pohon dilakukan untuk menghijaukan kampus. Kami berharap ke depannya lebih banyak tanaman yang ditanam, dan bisa menanam juga di kampus baru UIN Raden Intan.

*Saat ini, UIN Raden Intan mendapat predikat kampus terbersih dan terhijau tingkat nasional dari Kementerian Agama untuk lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN). Berdasarkan penilaian UI Green Metric salah satu lembaga di bawah Univeristas Indonesia yang menilai Green Campus di seluruh dunia Melansir situs UI GreenMetric, Jumat (17/12/2021), instrumen yang digunakan dalam penilaian mencakup pilar keberlanjutan, yaitu lingkungan, sosial, dan ekonomi. Termasuk di antaranya pengumpulan informasi dasar tentang ukuran universitas dan profil zonasinya, baik di perkotaan, pinggiran kota, atau pedesaan. Selain itu, penilai juga melihat informasi yang berkaitan dengan konsumsi listrik, dalam hal ini berkaitan dengan jejak karbon, kemudian transportasi, penggunaan air, pengelolaan limbah, pengaturan dan infrastruktur, energi dan perubahan iklim, dan pendidikan dan penelitian.

Perubahan tersebut bisa kita lihat bersama dengan megahnya gedung-gedung Rektorat serta kampung disulap menjadi gedung mewah. Belum lagi yang tadinya UIN tempat air bah dan becek saat ini resapan air ditata sedemikian rupa dengan membuat embung serta tanaman pohon yang begitu rindang. Sehingga UIN Raden Intan sekarang tidak pernah lagi kebanjiran saat musim hujan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline