Lihat ke Halaman Asli

Nia Mariana

Mahasiswa

Cara Pembuatan Tempe dan Strategi Pemasaran

Diperbarui: 28 Juni 2024   05:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama:Eliyana

Kls:B

Semester:4

1.1.cara pembuatan tempe 

           Menurut Sudarmaji(1997:45) tempe merupakan makanan tradisional yang sudah di kenal sejak berabad-abad yang lalu terutama dalam tatanan budaya dan masyarakat 

     Cara pembuatan tempe pak Samsudi yang berlokasi di dasan agung,

langkah pertama yang di lakukan adalah memilah atau menyortir kacang kedelai dan kedelai yang di pakai dalam pembuatan tempe harus bagus . setelah di sortir perendaman awal kira-kira direndam selama satu jam langkah selanjutnya yaitu proses perebusan dan di rebus sampai airnya mendidih setelah direbus kedelai yang sudah matang direndam selama satu malam dan di diamkan sampai dingin baru dicuci sambil kulitnya di kupas,habis itu dimasukkan kedalam karung dan didiamkan selama beberapa hari, proses selanjutnya ada peragian atau pengasaman setelah itu baru di fermentasi selama beberapa hari diruangan tertutup

Adapun bahan-bahan yang di gunakan dalam pembuatan tempe adalah 

Kacang kedelai,ragi tempe,tungku,panci besar.

1.2 strategi pemasaran tempe 

    Pak Samsudi menjual tempe kepada pedagang pengecer kemudian pedagang pengecer yang tersebar disekitar desa akan menjual tempe kepada kepada konsumen, pedagang pengecer biasa nya berjualan di warung kedai dan lainnya, Rata-rata harga tempe bapak Samsudi kepada pengecer yaitu 5000/Bungkus 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline