Lihat ke Halaman Asli

Peningkatan Kompetensi Pengelolaan Kelas bagi Guru dalam Pembelajaran Sosial Emosional

Diperbarui: 22 Juli 2024   18:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi

peningkatan kompetensi pengelolaan kelas bagi guru dalam pembelajaran sosial emosional

Setiap guru pasti menginginkan pembelajaran yang efektif dan menumbuhkan karakter siswa yang positif. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan pendidikan tentang sosial emosional. Namun, tidak cukup hanya memberikan materi, tetapi juga perlu dipahami bagaimana cara pengelolaan kelas untuk memaksimalkan pembelajaran sosial emosional.

Oleh karena itu, SMAN 1 Rancaekek mengadakan pelatihan peningkatan kompetensi pengelolaan kelas bagi guru dalam pembelajaran sosial emosional. Pelatihan ini diikuti oleh seluruh guru di sekolah dan dilaksanakan selama satu hari.

Pembicara pada pelatihan peningkatan kompetensi pengelolaan kelas bagi guru dalam pembelajaran sosial emosional di SMAN 1 Rancaekek adalah Luqman Amin, MPd. Beliau merupakan seorang ahli pendidikan dan pengajar di beberapa perguruan tinggi. Selain itu, beliau juga sering diundang untuk memberikan pelatihan dan seminar mengenai pengelolaan kelas dan pembelajaran sosial emosional di beberapa sekolah dan lembaga pendidikan di Indonesia.

Dalam pelatihan di SMAN 1 Rancaekek, pak Luqman Amin, MPd memberikan materi mengenai pentingnya pembelajaran sosial emosional dan bagaimana mengintegrasikannya ke dalam pembelajaran. Beliau mengajak peserta pelatihan untuk memahami hakikat sosial emosional dan dampak positifnya pada perkembangan siswa. Peserta juga diajak untuk memahami teknik-teknik pengelolaan kelas yang efektif untuk mendukung penerapan pembelajaran sosial emosional di kelas.

By niadewi42  (Dokumentasi Pribadi)

Dalam pelatihan tersebut, pak Luqman Amin, MPd juga menyampaikan tentang berbagai tantangan yang mungkin muncul saat mengintegrasikan sosial emosional ke dalam pembelajaran rutin di kelas. Beliau memberikan solusi dan strategi untuk mengatasi tantangan tersebut, sehingga peserta dapat merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang optimal. Luqman Amin, MPd juga memberikan contoh kasus dan simulasi yang dapat membantu peserta pelatihan memahami konsep dan aplikasi teknik pengelolaan kelas yang efektif.

Melalui keahliannya dalam pendidikan dan pengalaman yang luas di bidang pengelolaan kelas dan pembelajaran sosial emosional, Luqman Amin, MPd berhasil memberikan inspirasi dan pengetahuan baru bagi peserta pelatihan. Peserta pelatihan diharapkan dapat mengaplikasikan teknik-teknik yang telah dipelajari agar dapat menciptakan lingkungan kelas yang kondusif dan membantu siswa mengembangkan karakter positif. Sebagai hasil dari pelatihan ini, diharapkan kualitas pembelajaran di SMAN 1 Rancaekek dan kualitas pengalaman siswa dapat meningkat secara signifikan.

 Dokumentasi Pribadi

kegiatan inti yang melibatkan murid antara lain

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline