Lihat ke Halaman Asli

Nuzulul Qur'an

Diperbarui: 7 April 2024   22:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nurul Amanah publishing

"Nuzulul Quran"

Nuzulul Quran adalah peristiwa turunnya kitab suci Al-Quran dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Peristiwa ini terjadi pada malam Lailatul Qadar, di bulan suci Ramadhan. Malam yang penuh dengan rahmat dan kemuliaan ini merupakan malam yang sangat penting bagi umat Muslim di seluruh dunia.

Banyak yang percaya bahwa malam Lailatul Qadar adalah malam dimana langit dibuka dan malaikat turun ke bumi. Dalam Al-Quran sendiri, terdapat beberapa ayat yang membicarakan tentang Lailatul Qadar. Salah satu ayat tersebut adalah pada Surat Al-Qadr yang berbunyi:

"Inna anzalnahu fee laylatil qadr. Wa maa adraaka maa laylatul qadr. Laylatul qadri khairum min alfi shahr." (QS. Al-Qadr: 1-3)

Artinya: "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam Lailatul Qadr. Dan tahukah kamu apakah malam Lailatul Qadr itu? Malam Lailatul Qadr lebih baik dari seribu bulan."

Ayat ini menunjukkan betapa pentingnya malam Lailatul Qadr dan bagaimana Al-Quran diturunkan pada malam tersebut.

Sejarah Nuzulul Quran

Menurut sejarah, turunnya Al-Quran pertama kali dimulai pada tahun 610 Masehi. Pada saat itu, Nabi Muhammad SAW sedang bersama di gua Hira ketika malaikat Jibril datang kepada beliau membawa wahyu dari Allah SWT. Peristiwa ini adalah awal dari turunnya Al-Quran secara berangsur-angsur selama 23 tahun.

Pada tahun ketiga kenabian Baginda, Allah SWT menurunkan Surat Al-Qadr yang membicarakan tentang malam kemuliaan Lailatul Qadr. Malaikat Jibril menunjukkan kepada Nabi Muhammad SAW dimana letak surat tersebut, dan dengan demikian, Nuzulul Quran dimulai pada malam Lailatul Qadar.

Sejak saat itu, setiap tahun pada malam Lailatul Qadar, Nuzulul Quran dirayakan oleh umat Muslim di seluruh dunia sebagai momen penting dalam sejarah Islam.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline