Lihat ke Halaman Asli

Adab Dalam Menggunakan Media Sosial

Diperbarui: 15 April 2023   08:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pentingnya adab menggunakan media sosial media sosial sangat mempengaruhi kehidupan manusia dari bangun tidur sampai mau tidur media sosial berada dalam genggaman media sosial mempunyai dampak positif dan negatif di antara manfaatnya adalah memudahkan dalam berkomunikasi bersilaturahmi dan kemudian mendapatkan informasi selain itu media sosial juga bermanfaat untuk media belajar dan bisnis di sisi lain media sosial juga dapat berdampak negatif bagi penggunanya seperti hoax ujaran kebencian perkelahian pornografi radikalisme terorisme dan lainnya dari penjelasan tersebut dalam bermedia sosial perlu ada-adab ini untuk menghindari dari dampak negatif yang merugikan diri sendiri dan orang lain.

 Adab menggunakan media sosial.

 Adab

Secara bahasa, adab artinya adat istiadat; kebiasaan, etiket,pola perilaku yang ditiru dari orang-orang yang dianggap sebagai model. Secara istilah adab adalah kebiasaan dan aturan tingkah laku praktis yang mempunyai muatan nilai baik yang diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Media sosial

Media berbasis internet yang memungkinkan pengguna berkesempatan untuk berinteraksi dengan orang lain dan mempresentasikan dirinya dengan khalayak luas maupun terbatas yang dapat mendorong persepsi interaksi dengan orang lain.

Adab bermedia sosial

Sikap dan perilaku yang harus dikedepankan ketika berinteraksi dengan orang lain ketika menggunakan media sosial.

Dalil naqli bermedia sosial.

Bismillahirohmanirohim

Ya ayyuhalladzina amanu in ya akum fasiqum binaba in fa tabayyanu an tusibu qaumam bijahalatin fa tusibu ala Ma fa altum nadimin

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline