Program Kegiatan Pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP 2) merupakan bentuk kegiatan yang tertera didalam Mata Kuliah yang ada di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Dalam proses kegiatan PLP 2 ini semua mahasiswa maupun mahasisiwi jurusan FKIP UHAMKA ini memiliki kewajiban untuk melaksanakan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 2. Tentunya dalam kegiatan ini memiliki tujuan diadakan nya Kegiatan Pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP 2) ini adalah untuk mewajibkan mahasiswa dan mahasiswi terjun langsung ke lapangan sebagai tenaga pendidik. Adanya Kegiatan PLP 2 ini menjadikan sebuah pengalaman bagi mahasiwa dan mahasiswi FKIP UHAMKA di dalam dunia pendidikan untuk beradaptasi dalam belajar mengajar, serta memahami ruang lingkup dunia pendidikan.
Kami dari Program Studi Pendidikan Geografi yang beranggotakan Elvada Sukma, Luthfi Khairunisa, Nia Damarsari, Nindah Nispiah , dan Ramanda Firmandoni sedang melaksanakan kegiatan PLP 2 di SMAS BINA DHARMA. Lokasi terletak ditengah-tengah lingkungan pemukiman yang padat penduduk, yaitu di Jalan Raya Ciracas 39, Kelapa Dua Wetan, Ciracas, RT.9/RW.6 13730 Jakarta Timur Daerah Khusus Ibukota Jakarta . Kegiatan PLP 2 ini dilaksanakan pada tanggal 03 Januari 2022 sampai dengan 28 Februari 2022.
Dalam proses pelaksanaan kegiatan ini, kami mendapat banyak ilmu baru, terkait dengan hal-hal yang dibutuhkan guru untuk mengajar. Mahasiswa belajar mengenai kebutuhan administrasi guru yaitu rumusan KI, KD. Analisis keterkaitan SKL KI, KD, analisis materi pembelajaran silabus, program semester, program tahunan, rincian pelaksanaan pembelajaran (RPP).
Kegiatan ini berawal dengan pengenalan lingkungan sekolah dan tenaga kerja baru kita mulai masuk kelas untuk mengajar, kebetulan kami mendapatkan 3 kelas yaitu kelas XI IPS 1,2,3 yang dimana masing masing per orang memasuki kelas tersebut, namun dikarenakan banyak anggota maka pembagian kelas memiliki kelas yang sama
Selain itu kami juga membantu membuat adminitrasi kebutuhan guru atau yang sering disebut perangkat belajar, kami para mahasiswa juga belajar menjadi Guru piket dimana kegiatan itu sebagai salah satu bagian sebelum kita mulai mengajar dikelas karena guru piket merupakan tempat informasi bagi siswa serta guru lainya untuk mengkoordinasikan jadwal serta kegiatan belajar mengajar pada hari itu.
Berjalannya kegiatan PLP ini membuat kami memiliki banyak hal baru yang kami dapatkan melalui diskusi dengan beberapa guru sehingga kami sering berbagi pengalaman mengenai peserta didik yang berada di kelas. Pengalaman tersebut sangat bermanfaat dan membantu kami sebagai tenaga pendidik pemula, untuk menghadapi dan menyikapi peserta didik di ruang kelas seperti menerapkan prinsip pengelolaan kelas , interaksi belajar mengajar dan memahami karakteristik siswa.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H