Lihat ke Halaman Asli

Nia Dwi Puspitasari

Dosen Teknik Sipil Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Peran Serta Dosen dan Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur dalam Meningkatkan Penjualan UMKM Frozen Food di Kapasari

Diperbarui: 4 Oktober 2022   09:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Pribadi

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu motor penggerak yang berperan penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. 

Diharapkan dengan semakin berkembangnya UMKM di Surabaya, makan stabilitas ekonomi akan dapat tercapai. Untuk itu, dosen dan mahasiswa dari UPN Veteran Jawa Timur telah menyiapkan beberapa program yang bertujuan untuk meningkatkan omzet penjualan pada salah satu UMKM di Surabaya. UMKM yang dipilih adalah pada jenis usaha penjualan Frozen Food yang berlokasi di Kelurahan Kapasari, Kecamatan Genteng di Kota Surabaya. 

Usaha yang dirintis oleh Bapak Taselim ini merupakan jenis usaha produksi makanan siap saji yang dikemas dan disimpan dengan metode pendinginan hingga mencapai kondisi beku sehingga dapat bertahan lebih lama meski tanpa bahan pengawet. 

Produk yang dihasilkan sangat bervariasi diantaranya adalah roti mariam, kebab, kroket, pastel, samosa, lumpia dan masih banyak lagi. Hampir semua produk yang dihasilkan memiliki cita rasa khas timur tengah karena adanya resep yang telah diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi. 

Usaha ini dirintis berkat dorongan dari ibu dari Bapak Taselim yang juga merupakan juru masak utama dalam proses produksi semua varian produk frozen food

Dok Pribadi

Terhitung sejak hari Rabu tanggal 29 Juni 2022, Dosen dan Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur memberikan pelatihan dan penyuluhan mengenai cara dan tips berjualan produk dengan menggunakan metode digital marketing. 

Salah satu program yang telah disiapkan adalah pelatihan menggunakan Google Platform untuk meningkatkan penjualan produk frozen food. Dengan penggunaan aplikasi Google My Maps dalam proses penjualan produk frozen food akan dapat memungkinkan pemilik usaha untuk dapat memetakan lokasi para pelanggan, sehingga distribusi dari pangsa pasar akan dapat diprediksi dan dipetakan. 

Dengan demikian untuk kedepannya kegiatan promosi dapat lebih difokuskan pada area tetentu yang memiliki distibusi penyebaran pangsa pasar yang relatif kecil. Sehingga diharapkan nantinya penyebaran dari pangsa pasar akan dapat lebih merata atau bahkan hingga menjangkau area yang lebih luas lagi.

Dok Pribadi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline