Lihat ke Halaman Asli

Nia Kurniawati

Mahasiswa reguler STKIP Muhammadiyah Kuningan

Khotmil Quran Majelis Taklim MNI

Diperbarui: 8 April 2024   09:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Rangkaian acara Khotmil Qur'an MT MNI (Dokumentasi Pribadi)

Bulan suci romadhon adalah bulan yang penuh berkah,rahmat dan magfiroh Allah SWT..Di bulan ini  Allah SWT melipatgandakan pahala ibadah dan memberikan ampunan yang seluas-luasnya bagi hambanya yang mau bertaubat. Bulan romadhon adalah waktu yang diberikan Allah SWT untuk hambanya agar bisa memanfaatkannya dengan berlomba-lomba  melakukan banyak kebaikan.

Kesempatan baik ini pun tak disia-siakan para  jamaah Majelis Taklim Mutiara Nurul Islam yang berada di Desa Kasturi Kuningan-Jawa Barat. Mereka memanfaatkan momen ini  dengan mengadakan kegiatan ODOJ(One Day One Juz) . ODOJ merupakan kelanjutan  kegiatan  OWOJ (One week One Juz) yang dilakukan  secara rutin sebelum romadhon  dan alhamdulillah berjalan lancar.

Kegiatan ODOJ mendapat apresiasi sangat tinggi dari para jamaah. 30 jamaah mengikuti kegiatan ini.Selain untuk mengisi bulan suci romadhon,kegiatan ODOJ bisa mempererat silaturahim antar jamaah . Para jamaah sengaja menyempatkan waktu untuk melakukan solat subuh berjamaah dan tadarus bersama.Momen ini dimaanfaatkan juga untuk saling silaturahim di antara mereka.

Alangkah indahnya kebersamaan ini.Sebuah ukhuwah Islamiyah yang bisa menyejukkan hati yang rindu akan kasih sayang Allah....Maa Syaa Allah..

Hari Sabtu tgl 5 April 2024 kemarin lusa,adalah puncak acara khataman qur'an/khotmilqur'an di bulan suci romadhon kali ini.Acara dimeriahkan dengan buka puasa bersama para jamaah dengan dihadiri  para undangan seperti pengurus DKM MNI, para pengurus Rt/Rw setempat, hafidz cilik Zikri dan orangtua,beserta  satpam komplek dan undangan beberapa  santri.

Acara khotmil qur'an sudah dimulai sejak pukul 15.00 WIB dan dibuka oleh ketua DKM MNI dlanjutkan dengan sambutan dari ketua RW komplek.Para jamaah dan undangan disuguhi dengan lantunan qur'an suara merdunya De Zikri,Sang hafidz cilik.De Zikri berbagi sharing bagaimana cara menjaga hafalan qur'annya,sebuah ilmu yang luar biasa yang bisa diserap dan diamalkan oleh para jamaah dan undangan.Selain itu ada sedikit tausyiah romadhon yang disampaikan Ustadz Syarif Nawawi selaku kiai setempat yang sekaligus memimpin do'a khotmil bersama.Dan saat menjelang adzan magrib, acara ditutup dengan kegiatan lainnya yaitu pembagian reward /bingkisan bagi jamaah yang tilawah subuhnya di mesjid komplek. 

Alhamdulillaah acara khotmil qur'an berlangsung khidmat dan lancar. Para jamaah terlihat sangat bahagia.Khotmil Qur'an adalah bukti para jamaah bisa menyelesaikan bacaan Alqur'an  penuh dengan kekhusyuan di bulan romadhon.

Penulis berharap kegiatan ini bisa terus dilanjutkan dan  berkesinambungan.Semoga ke depannya ,dengan acara  khotmil qur'an yang diselenggarakan di mesjid komplek Perum Pesona Mutiara Kasturi ini,akan menarik  lebih banyak lagi para jamaah lain yang belum bisa bergabung.Sehingga kecintaan terhadap Alquran akan terus terpatri pada diri jamaah dan merupakan suatu kebaikan yg in syaa Allah berbuah pahala Allah SWT.Aamiin..

Keep Alqur'an in your heart and love its as your self...




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline