Lihat ke Halaman Asli

Nia Uzlifatun N

Mahasiswa PGSD FTIK

Pengembangan Karakter Disipilin dan Tanggung Jawab Anggota Pramuka Racana Kalijaga-Ratu Kalinyamat

Diperbarui: 3 Juli 2021   13:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Racana Kalijaga-Ratu Kalinyamat merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa (UKM) di Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara yang bergerak dalam bidang kepramukaan. Kepramukaan menurut Supriyatna (2010) adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga, yaitu di lingkungan masyarakat dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak dan budi pekerti luhur. Organisasi ini mempunyai tugas pokok menyelenggarakan kegiatan kepramukaan bagi anggotanya guna menjadi generasi yang lebih baik, bertanggung jawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan nasional.

Racana Kalijaga-Ratu Kalinyamat sebagai penyelenggara pendidikan kepramukaan ditingkat universitas mempunyai peran besar dalam pembentukan kepribadian generasi muda sehingga memiliki pengendalian diri dan kecakapan hidup dalam menghadapi tantangan zaman. Pembentukan kepribadian atau karakter sebenarnya termuat jelas dalam dasa dharma pramuka, yang mana salah satu muatan karakter di dalam Dasa Dharma Pramuka yaitu karakter disiplin dan tanggung jawab. Dengan seperti itu maka Racana Kalijaga-Ratu Kalinyamat mempunyai program kerja yang mampu mengembangkan karakter disiplin dan tanggung jawab pada anggotanya.

Disiplin merupakan unsur yang penting bagi setiap individu untuk membentuk pola perilaku yang sesuai. Individu yang disiplin dapat melaksanakan tugas dengan tertib dan teratur sesuai dengan tata tertib yang berlaku. Dalam hal ini, Racana Kalijaga-Ratu Kalinyamat menerapkan beberapa beberapa bentuk peraturan kegiatan yang mengimplentasikan sikap disiplin didalamnya, misalnya setiap anggota yang terlambat atau tidak mampu menghardiri suatu kegiatan harus memberikan ijin yang disertai alsan yang jelas, adanya target yang harus terpenuhi dalam pelaksanaan kegiatan, tepat waktu serta sesuai dengan jadwal kegiatan, dsb. Adapun karakter tanggung jawab Menurut Hamalik (1999:44), seorang individu dapat disebut sebagai manusia yang bertanggung jawab apabila mampu melihat pilihan dan membuat keputusan atas dasar nilai serta norma-norma tertentu baik yang bersumber dari dalam dirinya maupun yang bersumber dari lingkungan. Pengembangan karakter ini diimplementasikan dalam bentuk kegiatan seperti Menjalankan tugas/amanah yang diberikan dalam Rapat anggota maupun saat pertanggungjawaban di Rapat Pleno, Berpartisipasi dalam kegiatan Racana baik dalam pra pelaksanaan, pelaksanaan, dan pasca pelaksanaan, mengajukan usul secara kondusif dan sesuai dengan etika mengajukan pendapat yang baik dan benar, dsb. 

Berbagai peraturan atau kegiatan yang berlangsung merupakan salah satu pengimplementasian Racana Kalijaga-Ratu Kalinyamat dalam mengembangkan karakter disiplin dan tanggung jawab pada setiap anggotanya. Dengan tertanamnya karakter positif pada anggota, diharapkan mampu menjadi bekal bagi individu tersebut dalam mengahadapi tantangan zaman kedepannya. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline