Lihat ke Halaman Asli

Nia Aniati

Penulis, pendidik, ibu rumah tangga

Tips Memilih Kampus agar Tidak Menyesal

Diperbarui: 11 Januari 2021   16:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: topitoga.com

 

Setelah lulus SMA atau SMK kamu mau kemana, nih? Jangan langsung ke KUA, ya! Kuliah saja dulu, apalagi jika kamu memiliki cita-cita yang ingin kamu wujudkan  untuk membahagiakan orang tuamu. Jika ingin kuliah, jangan salah pilih kampus agar kamu tidak menyesal nantinya. Berikut beberapa tips memilih kampus yang tepat.

  • Tentukan Jurusan Sesuai Passionmu

Jika memiliki cita-cita ingin menjadi apa, maka pilihlah kampus yang memiliki jurusan sesuai dengan passion atau bakat yang kamu miliki. Jangan sampai kamu terpaksa memilih kampus karena alasan lain sedangkan di kampus tersebut tidak ada passion kamu. Saya yakin jika kamu salah memilih jurusan, kedepannya kamu akan menyesal.

  • Tentukan Kampus Negeri atau Swasta

Setelah memilih jurusan yang kamu inginkan, selanjutnya kamu bisa memilih ingin kuliah di kampus Negeri atau Swasta. Apa sih bedanya? Tentu saja sangat berbeda, jika kuliah di kampus Negeri, masuk Universitasnya cukup ketat karena harus mengikuti beberapa tes dan bersaing dengan ribuan orang se-Indonesia. Kuliah di Kampus Negeri juga pembayarannya di sesuaikan dengan kemampuan orang tua, jadi tidak disama ratakan. Selain itu, Kampus Negeri sampai sekarang masih bergengsi. Lulusan dari Negeri terkadang lebih diakui. Lalu bagaimana dengan Swasta? Jangan berkecil hati, Swasta tetap bagus tergantung bagaimana pengelolaan kampusnya. Kuliah dimanapun semua tergantung keseriusan kamu dalam belajar. Jadi, mau Negeri atau Swasta tidak menjamin kesuksesan kamu jika kamu sendiri tidak serius dalam menjalankannya.

  • Cek Ranking Perguruan Tinggi Idamanmu

Jika kamu memiliki kampus idaman, kamu bisa mencari informasi lebih jauh tentang kampus tersebut. Kamu juga melihat rankingnya serta bisa mencari tahu bagaimana sistem perkuliahannya lewat internet atau orang-orang terdekatmu yang pernah kuliah disana. Cari tahu terus sampai informasi yang kamu harapkan bisa sampai semua agar tidak menyesal.

  • Ada Beasiswa atau tidak

Jika kamu pemburu beasiswa, pilihan ini sangat tepat sebelum kamu memilih kampus. Untuk Negeri sendiri beasiswa bisa didapat jika kamu melakukan tes SNMPTN Bidik Misi. Disini kamu akan mendapatkan beasiswa setelah lulus tes dan kamu telah lulus kriteria bidik misi. Terus saja cari informasi tentang beasiswa atau bisa bertanya dengan orang-orang yang pernah mendapatkannya.

  • Lokasi Kampus

Lokasi kampus bisa menjadi pertimbangan selanjutnya. Tujuannya agar kamu tidak terlalu jauh untuk kuliah. Pilih lokasi yang strategis dengan tempat tinggal kamu serta semua kebutuhan yang kamu perlukan saat kuliah juga tersedia disana. Lokasi yang strategis juga bisa berupa angkutan umum yang bisa menjangkau ketempat kamu kuliah jika kamu menggunakan angkutan umum. Akan tetapi, sebaiknya kamu memilih untuk mencari tempat tinggal yang pas disekitar kampus supaya jaraknya lebih dekat. Kamu bisa kos supaya kamu juga belajar untuk mandiri.

  • Mengetahui Biaya Kuliah, Biaya Hidup disekitar kampus

Hal ini penting kamu perhatikan untuk melihat kondisi keuanganmu. Kedepannya kamu akan tahu berapa budget yang harus dikeluarkan setiap bulan agar lancar kedepannya. Jika biaya yang harus dikeluarkan oleh orang tua berarti harus betul-betul diperhitungkan sebelumnya sebab kebutuhan orang tua bukan hanya biaya kuliah saja. jika kamu sudah mandiri dan bekerja, pengeluaran biaya kampus dan biaya hidup juga harus tetap diperhitungkan agar kuliah kamu bisa lancar. Pengeluaran kamu harus sesuai dengan pendapatan bahkan harus lebih kecil agar sebagian pendapatan bisa kamu simpan.

  • Hindari Ikut-ikutan Teman

Poin terakhir ini tidak kalah penting dengan tips sebelumnya, sebab jika ini dilakukan dijamin kamu pasti menyesal. Kebiasaan ikut-ikutan itu menunjukkan jika kamu tidak punya pendirian. Sebaiknya kamu memiliki pilihan sendiri sesuai dengan kemampuan yang ada pada dirimu. ingat ya, di kampus yang baru juga kamu akan mendapatkan teman baru dan pengalaman baru. Jika kamu memiliki teman baik semasa SMA tetapi kalian memiliki minat dan bakat yang berbeda, jangan kalian paksakan untuk terus bersama. Pertemanan kalian masih bisa tetap berjalan meski harus terpisah ruang dan waktu.

Nah, itulah beberapa tips memilih kampus agar kamu tidak salah pilih dan tidak menyesal nantinya. Semoga bermanfaat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline