Lihat ke Halaman Asli

Nia Amelia

Universitas Pamulang

Pesona Gema Takbir Pondok Pesantren Raudhatut Tauhid

Diperbarui: 6 Juli 2023   16:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Facebook 

Seni pertunjukan merupakan seni yang melibatkan aksi individu maupun kelompok ditempat dan waktu tertentu. Disamping itu seni pertunjukan memperlihatkan tingkah laku dan perbuatan manusia sebagai dasar pokok seni pertunjukan itu sendiri. Seni pertunjukan memeiliki beragam aksi diantaranya:

1.Seni akrobat

2.Seni tari

3.Seni opera

4.Seni teater

Manfaat dari pertunjukan seni ialah dapat memperlihatkan sejarah serta keanekaragaman budaya dan adat istiadat. Menurut R. M. Soedarsono fungsi seni pertunjukan di bagi menjadi tiga kelompok yaitu:

1.Sebagai sarana ritual

2. Sebagai hiburan

3. Sebagai presentasi estetis

Sama seperti halnya pondok pesantren Raudhatut Tauhid yang mengadakan sebuah acara guna memperingati hari raya idul adha. Melalui acara ini, mereka mengadakan lomba gema takbir yang diikuti oleh seluruh santriawan-santriawati, semuanya berlomba-lomba mengeluarkan kreativitas masing-masing. Hal ini dapat dilihat dari pertunjukan peserta kelompok 5 putri, yang membawakan tari saman dengan diiringi suara vocalis yang terus- menerus mengumandangkan takbir. Tari saman yang seirama dipadukan suara vocalis yang merdu dapat menyajikan pertunjukan yang sempurna.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline