Lihat ke Halaman Asli

Stoikiometri Larutan

Diperbarui: 1 Juni 2023   15:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Massa Molekul Relatif (Mr) dan Massa Atom Relatif (Ar) 

Atom memiliki massa yang terlalu kecil untuk ditimbang dan angkanya terlalu kecil untuk dinyatakan dalam satuan gram. Untuk itu, digunakan istilah satuan massa atom (sma) atau atomic mass unit (amu). Isotop C-12 digunakan sebagai standar untuk menghitung massa atom relatif, 1 atom C-12 bernilai 1,99286 x 10-23 gram. Massa 1 atom C-12 adalah 12 sma.

Massa Atom Relatif (Ar)

Massa atom relatif adalah perbandingan antara massa rata-rata satu atom suatu unsur dengan seperduabelas massa 1 atom C-12, dapat dituliskan seperti berikut:

Massa Molekul Relatif

Massa molekul relatif merupakan perbandingan antara massa rata-rata 1 molekul senyawa dengan 1/12 massa 1 atom C-12, dapat dituliskan seperti berikut:

Dokpri


Konsep Mol

Dalam pelajaran fisika, kita dikenalkan dengan 7 besaran pokok. Salah satu besaran tersebut adalah jumlah zat yang satuannya adaah mol. Pada tahun 1860 Stanislao Cannizarro, mengenalkan satuan mol namun belum bisa ditentukan secara kuantitatif. Setelah berbagai ahli berupaya untuk memperoleh  nilai mol, akhirnya disepakati bahwa nilai satu mol zat mengandung jumlah partikel yang sama dengan jumlah partikel dalam 12 gram atom C-12, yaitu 6,0221367 x 1023 partikel. Bilangan tersebut disebut dengan bilangan Avogadro.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline