Lihat ke Halaman Asli

Ni Made Susanti

Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan IPA, Universitas Pendidikan Ganesha /Guru IPAS di SMK Negeri 2 Kintamani

Kontribusi Kimia Larutan terhadap Tubuh Kita dan Benda-Benda Sekitar

Diperbarui: 5 Juli 2024   20:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Air gula (https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:SaltInWaterSolutionLiquid.jpg)

Pernahkah kalian mendengar kata larutan? Larutan merupakan campuran homogen. Salah satu  contoh sederhana larutan adalah air gula.

Larutan memiliki banyak manfaat dalam kehidupan kita. Beberapa manfaat larutan diantaranya mengkonsumsi air gula secukupnya dapat memberikan energi bagi tubuh kita. Manfaat lainnya, misalnya aki yang merupakan larutan elektrolit, berfungsi menghasilkan energi yang dibutuhkan kendaraan. Larutan urea merupakan larutan non elektrolit yang bermanfaat sebagai pupuk bagi tanaman. Nah masih banyak lagi nih manfaat larutan yang menunjang kehidupan manusia. Ayo kita pelajari lebih dalam lagi terkait kimia larutan.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang komponen larutan, jenis-jenis konsentrasi larutan, konsep asam-basa, konsep pH, hidrolisis, dan larutan penyangga.

a) Komponen Larutan

Dalam kimia, larutan  merupakan suatu campuran homogen dengan perbandingan komposisi yang sesuai dengan komponen penyusunnya. Larutan terdiri dari dua komponen yaitu zat terlarut dan zat pelarut. Zat terlarut (solute) adalah zat yang larut dalam pelarutnya, dimana partikel-partikel zat terlarut tersebar merata dalam medium pelarutnya. Zat pelarut (solvent) adalah zat yang melarutkan zat terlarut.

Meskipun larutan merupakan campuran homogen, komposisi dalam setiap larutan berbeda-beda. Misalnya ada dua buah larutan seperti air gula, dimana masing-masing berisi 200 mL air (pelarut) , ada yang rasanya manis dan ada yang rasanya kurang manis. Dari kedua larutan tersebut, kita hanya mengetahui rasa manis air gula dan tidak mengetahui berapa banyak gula yang terkandung di dalamnya.

Nah, untuk mengetahui jumlah relative solute dan solvent dalam larutan, digunakanlah istilah konsentrasi larutan. Yuk kita Simak tentang konsentrasi larutan.

b) Konsentrasi Larutan

Konsentrasi larutan merupakan jumlah zat terlarut dalam setiap satuan larutan atau pelarut. Konsentrasi larutan yang biasanya dipakai pada laboratorium adalah Molaritas, Molalitas, Fraksi Mol, Normalitas, Part per million )ppm), konsentrasi dalam persen.

Molaritas (M)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline