Lihat ke Halaman Asli

Tempat Suci Agama Hindu dan Pelaksanaan Catur Marga pada Hari Raya Nyepi dan Ngembak Geni

Diperbarui: 20 September 2023   13:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PENERAPAN CATUR MARGA PADA PERAYAAN NYEPI DAN NGEMBAK GENI

Hari raya nyepi merupakan salah satu hari raya suci agama hindu yang ada di Bali, yang dimana hari raya Nyepi ini di rayakan setiap tahun baru saka, setiap 1 tahun sekali. Hari raya Nyepi jatuh pada Tilem kesanga. Hari raya Nyepi merupakan hari penyucian dewa-dewa yang berada di pusat samudera yang membawa intisari amerta air hidup yang bertujuan untuk menyucikan Bhuana alit (alam manusia/microcosmos) dan Bhuana agung (alam semesta/macrocosmos).  Nyepi sendiri berasal dari kata "sepi" yang berarti senyap, sunyi atau hening. 

Perayaan hari raya Nyepi dilaksanakan dengan penuh keheningan tanpa adanya kegiatan atau aktivitas yang dilakukan. Sebelum hari raya Nyepi, Adapun beberapa rangkaian upacara yang dilakukan agama hindu untuk menyambut hari raya Nyepi ini, yakni:

  • Upacara Melasti, Pecaruan dan Pengerupukan

3 hari sebelum hari raya nyepi, umat hindu biasanya melaksanakan penyucian dengan melaksanakan upacara melasti atau melis. Pada upacara melasti atau melis ini, semua serana persembahyangan yang ada di tempat suci atau pura diarak ke Pantai atau Danau, karena menurut umat hindu sendiri laut atau danau merupakan sumber dari air suci yang bisa menyucikan segala hal kotor yang ada pada diri manusia dan alam semesta.

Sehari sebelum nyepi pada tilem sasih kesanga, umat hindu melaksanakan upacara Bhuta Yadnya (pecaruan). Pada hari tersebut masing-masing tingkatan masyarakat, desa, banjar, kecamatan, kabupaten dan semua tingkatan masyarakat yang ada di Bali melaksanakan caru. Pecaruan sendiri merupakan penyucian untuk menghilangkan Bhuta. Pecaruan ini ditunjukan kepada Sang Bhuta Raja, Bhuta Kala, dengan memohon supaya mereka tidak menggangu umat.  

Mecaru diikuti oleh upacara pengerupukan dengan menyebar-nyebar nasi tawur, mengobor-ngobori rumah dan seluruh pekarangan serta memukul benda-benda seperti ceng-ceng, kukul, kentongan dan benda-benda yang menimbulkan suara gaduh.  Hal ini dilakukan untu mengusir Bhuta Kala dari pekarangan rumah. 

Upacara Pengerupukan dilaksanakan setelah upacara Pecaruan, pengerupukan biasanya dimeriahkan dengan pawai ogoh-ogoh di setiap Desa. Pawai Ogoh-ogoh dilaksanakan untuk mengusir Bhuta Kala dari lingkungan sekitar dengan mengarak atau mengiring ogoh-ogoh yang merupakan perwujudana dari Bhuta Kala, lalu ogoh-ogoh tersebut akan di bakar setelah di arak keliling desa.

  • Upacara Nyepi 

Nyepi dilaksanakan sehari setelah upacara Pengerupukan. Pada hari Nyepi ini suasana sangap sepi dam hening, tidak ada aktivitas atau kesibukan yang biasa dilakukan oleh manusia. Pada hari raya nyepi ini umat hindu melaksanakan Catur Bratha (4 larangan dalam melaksanakan Nyepi). Catur Bratha terdiri dari Amati geni (tidak menyalakan api), Amati Karya (tidak bekerja), Amati Lelungan (tidak berpergian), dan Amati lelanguan (tidak minum-minum atau berfoya-foya). 

Dan bagi umat hindu yang mampu melaksanakan Tapa, Brata, Yoga, dan Semadhi. Pada hari ini keadaan alam benar-benar sepi, sunyi dan hening tanpa adanya lampu yang menyala, motor di jalanan dan semua orang yang tinggal di dalam rumah tanpa adanya aktivitas.

  • Upacara Ngembak Geni

Upacara ngembak geni dilaksanakan sehari setelah upacara Nyepi. Pada hari ini seluruh umat hindu melaksanakan Dharma Shanti dengan keluarga besar dan tetangga-tetangga dengan mengucapkan syukur atau saling memaafkan.

Pada hari raya Nyepi dan Ngembak Geni terdapat konsep Catur Marga yang menjadi dasar dari panduan untuk melaksanakan kegiatan selama jalannya perayaan Hari raya Nyepi dan Ngembak Geni tersebut.

Catur marga sendiri merupakan sebuah konsep ajaran yang termasuk bagian dari aspek Tattwa dalam kerangka agama hindu. Dalam Bahasa sansekerta Catur Marga berasal dari kata "catur" yang berarti empat dan "marga" yang berarti jalan. Sehingga catur marga diartikan sebagai empat jalan untuk mencapai moksa atau kesempurnaan hidup. Catur marga juga sering disebut dengan Catur Yoga Marga. Catur marga terdiri dari: Jnana Marga (jalan pengetahuan), Bhakti Marga (jalan bhakti atau pemujaan), Karma Marga (jalan tindakan), dan Raja Marga (jalan meditasi).

Pada perayaan hari raya Nyepi sendiri, terdapat pelaksanaan Catur Marga yang dilakukan dalam rangka membersihkan diri. Sementara pada hari perayaan ngembak geni, umat hindu melaksanakan Catur Marga untuk memperkuat hubungan sosial antara sesama. Adapun contoh pelaksanaan Catur Marga pada Perayaan Nyepi dan ngembak geni, yaitu:

  • Jnana Marga: jnana marga sendiri merupakan cara mendekatkan diri kepada tuhan lewat jalan pengetahuan, pada hari raya nyepi pasti timbul rasa bosan karena adanya pantangan Catur Bratha Penyepian, nah dengan begitu kita bisa melawana rasa bosan tersebut dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif seperti contoh, membaca kitab-kitab suci agama hindu untuk menghilangkan rasa bosan kkita pada perayaan hari raya nyepi. Sedangkan pada hari raya Ngembak Geni kita bisa melakukan kegiatan bersosialisasi dengan kerabat-kerabat terdekat sambal belajar mengenai ajaran agama hindu. Nah melakukan hal-hal positif tersebut pada waktu luang di hari raya Penyepian dan Ngembak Geni, nantinya akan mampu mendekatkan diri kita kepada tuhan melalui pengetahuan-pengetahuan yang sudah dapat kita peroleh.
  • Bhakti Marga: Bhakti Marga sendiri merupakan cara mendekatkan diri kepada Tuhan melalui cara doa dan juga bhakti, pada hari perayaan nyepi dan juga perayaan Ngembak Geni kita bisa mendekatkan diri kita kepada tuhan dengan berdoa dan bersujud ke hadapan-Nya, meminta keselamatan dan dijauhkan dari Para Bhuta.
  • Karma Marga: Karma marga merupakan cara mendekatkan diri kepada Tuhan melalui kerja secara tulus iklas. Contohnya pada hari raya penyepian, sehari sebelum hari raya penyepian merupakan hari raya pengerupukan, pada hari pengerupukan terdapat pawai ogoh-ogoh, untuk membuat ogoh-ogoh tersebut dibutuhkan partisipasi yang tulus dan juga iklas dalam pembuatannya. Sedangkan pada karma marga pada hari raya ngembak geni bisa kita lakukan dengan bergotong-royong dengan masyarakat dilingkungan sekita untuk membersihkan sisa-sisa sampah setelah hari raya pengerupukan yang berserakan di jalanan. Nah dengan adanya kegiatan positif tersebut, kita sudah melakukan pekerjaan secara tulus dan iklas.
  • Raja Marga: Raja Marga merupakan cara mendekatkan diri kepada Tuhan menuju tatha tertinggi. Contohnya pada perayaan Nyepi kita bisa menuntun Langkah tersebut dengan melaksanakan Tapa, Bratha, Samadhi, dan Yoga dengan fokus dan konsentrasi, Raja Marga sangat cocok dilaksanakan pada saat perayaan Nyepi, karena keadaannya sangat sunyi dan memudahkan kita untuk berkonsentrasi. Sedangkan contoh Raja Marga pada pelaksanaan Ngembak Geni dapat kita lakukan dengan penerapan ajaran Astangga Yoga, dengan menjalin hubungan yang baik dengan lingkungan sekitar baik dengan manusia, hewan dan alam.

SLOKA PADA KITAB BHAGAVAD GITA, SARASAMUSCCAYA DAN CONTOHNYA

Adapun isi dari kitab Bhagavad Gita, 7:21  yang menyebutkan bahwa "yo yo ym ym tanum bhaktah raddhayrcitum icchati tasya tasycalm raddhm tm eva vidadhmy aham" yang memiliki arti: kepercayaan apapun yang ingin di peluk seseorang, aku perlakukan mereka sama dan Ku-berikan berkah yang setimpal supaya ia lebih mantap".

Hal ini berarti pandangan tuhan dalam kita Bhagavad Gita tentang seseorang dengan kepercayaannya. Contoh konkrit dari sloka Bhagavad Gita, 7:21 yang menyebutkan bahya Tuhan memandang semua agama sama yakni: Hal ini diuraikan dalam kitab Bhagavad Gita, 4:29 yang menjelaskan bahwa "aku tidak pernah iri dan selalu bersikap adil kepada semua makhluk. Bagiku tidak ada yang paling Ku-benci dan tidak ada yang paling Aku kasihi. Tetapi yang berbakti kepada-Ku, dia berada pada-Ku, dan aku bersamanya. 

Sesuai dengan yang dijelaskan dalam kitab Bhagavad Gita tersebut hal ini mencerminkan bahwa Hindu memiliki sikap toleransi yang tinggi dengan agama lain, dan semua makhluk adalah sama di mata Tuhan. Menurutnya tujuan semua agama sama yakni menuju tuhan, tapi dengan berbagai sudut pandang dan cara pelaksanaan yang berbeda.

Seloka berikut berbunyi: Apan iking dadi wwang, utama juga ya, nimitaning mangkana, wenang ya tumulung awaknya sangkeng sangsra, makasadhanang subhakarma, hinganing kotamaning dadi wwang". (Menjelma menjadi manusia itu adalah sungguh-sungguh utama; sebabnya demikian, karena ia dapat menolong dirinya dari keadaan sengsara (lahir dan mati berulang-ulang) dengan jalan berbuat baik; demikianlah keuntungannya dapat menjelma menjadi manusia"(Sarasamucaya 1.4)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline