Lihat ke Halaman Asli

Labu Siam Melimpah, Mahasiswa KKNT UNDIP Olah Labu Siam Menajadi Sukade

Diperbarui: 11 Maret 2022   02:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Girimulyo (28/2/22) - Kegiatan KKN Tematik Universitas Diponegoro telah dilaksanakan selama 42 hari terhitung dari tanggal 5 Januari - 17 Februari 2022 di Desa Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten karanganyar. kegiatan ini mengusung tema "PEMBERDAYAAN PETANI LOKAL MELALUI DIVERSIFIKASI OLAHAN HASIL PERTANIAN UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT". Salah satu mahasiswa KKN Tematik Undip berhasil melaksanakan sosialisasi tentang Manajemen pemasaran yang dilaksanakan pada 17 Januari 2022 bertempat di rumah ketua RT Setempat dan diikuti oleh ibu-ibu PKK RT.

Desa Girimulyo terletak di lereng Gunung Lawu dan berada pada dataran tinggi membuat wilayah di Desa ini memiliki hawa sejuk sehingga cocok untuk lahan pertanian dan perkebunan. Karena hal tersebut, tentunya banyak jenis tanaman yang dapat dijadikan potensi desa salah satunya adalah labu siam. Selain itu, Desa Girimulyo yang merupakan desa wisata sehingga berpotensi untuk pengembangan produk olahan sebagai oleh-oleh khas. Berangkat dari hal tersebut, salah satu mahasiswa KKNT UNDIP ingin memanfaatkan labu siam menjadi Sukade.  Sukade tersebut terbuat dari bahan-bahan seperti labu siam, gula, vanili, kayu manis, kapur sirih, dan pewarna makanan. Sukade tersebut sangat berpotensi menjadi oleh-oleh Desa Girimulyo karena belum diproduksi oleh daerah lain.

Masyarakat meresponnya dengan positif, mengingat masalah pengolahan hasil panen  yang mereka hadapi. Mereka juga berharap dengan adanya sosialisasi ini mereka dapat memperoleh cara pengolahan labu siam yang lebih baik dari sebelumnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline