Lihat ke Halaman Asli

Multifungsi Bale Banjar

Diperbarui: 26 September 2017   15:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok.pribadi

Sebagai warga Bali tentu tidak asing dengan Bale Banjar. Bale Banjar  sebuah bangunan yang bersifat umum, yang dapat dipergunakan oleh anggota  banjar, yang memiliki multi fungsi baik itu untuk kegiatan rapat (sangkep), tempat pemungutan suara (TPS), kegiatan Bazar, sarana olah raga atau kegiatan umum lainnya yang  mendatangkan  banyak warga. 

Banjar, kalau di luar Bali kita mengenalnya dengan berbagai sebutan : Rukun Tetangga (RT)/Dusun/Lingkungan yang mempunyai tugas membantu pemerintah desa atau lurah dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

Disaat ribuan masyarakat sekitar Gunung Agung (Karangasem, Bali) banyak yang mengungsi banyak yang memanfaatkan Bale Banjar sebagai tempat mengungsi. Walaupun ada juga yang ditampung di GOR, Tenda-tenda, yayasan-yayasan, rumah warga dan tempat penampungan sementara lainnya. 

Semoga bencana ini cepat berlalu...dan warga bisa kembali ke rumahnya masing-masing.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline