Lihat ke Halaman Asli

Sepuluh Cara Menjaga Profil Online Anda

Diperbarui: 25 Juni 2015   19:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sepuluh Cara Menjaga Profil Online Anda

Apakah anda sadar bahwa data profil pribadi anda tersedia di internet secara cuma-cuma? Orang yang tidak kita kenal hanya butuh mesin pencari seperti Google, Yahoo dan Bing untuk menggali data profil online kita. Kita mungkin tidak sadar begitu banyak data tersebut tersebar di berbagai website.

Saat ini hampir setiap pengguna aktif internet mempunyai akun media sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIN, MySpace, Yahoo Messenger atau Skype, atau bahkan semuanya. Setidaknya data profil online kita seperti nama, tanggal lahir, sekolah, kesukaan dan alamat email tersimpan di bank data milik website-website tersebut.

Data yang pernah anda kirimkan bisa saja suatu hari akan menyulitkan anda sendiri. Seseorang mungkin telah mengirimkan pendapat negatif terhadap orang lain atau suatu perusahaan via status update di Facebook atau tweet update di twitter. Manager HRD bisa mencari tahu kepribadian calon pegawai via Facebook atau Twitter. Orang jahat dapat melacak keberadaan anda hanya dengan melihat status Facebook, Tweet di Twitter atau melihat sejarah check-in anda di Foursquare. Politisi dapat menjaring data pengikut mereka untuk keperluan merancang metode kampanye. Pesaing pun bisa mengolah konten yang anda posting di blogspot atau sebuah forum untuk memfitnah anda.

Lakukan langkah-langkah berikut agar data profil anda tidak disalahgunakan:


  1. Selalu ingat bahwa data yang anda simpan di internet bersifat hampir permanen. Tidak ada jaminan dari siapapun atau website manapun bahwa data profil online anda di internet tidak akan disalin, tidak akan dibaca atau dapat dihapus walaupun setinggi apapun teknologi mereka. Anda mungkin menyimpan data diri di Facebook, tapi teman anda bisa saja tidak sengaja memberikan data anda ke teman lain, orang lain atau game bernama Farmville di Facebook. Walaupun anda menghapus akun anda, tapi sebagian profil online anda yang telah disalin oleh orang lain tidak akan dihapus secara otomatis juga.
  2. Buatlah profil anda privat. Jangan biarkan orang lain dengan mudah mengetahui data profile online anda. Jangan puas dengan pengaturan standar. Pastikan anda telah mengatur profil anda dengan benar. Anda tidak mau orang lain bisa menikmati informasi, foto atau video pribadi milik anda kan.
  3. Jaga username dan password anda. Untuk menjaganya anda perlu mengganti password secara berkala misalkan setiap 3 bulan sekali. Jangan pernah memberikan password kepada siapapun yang tidak benar-benar anda percayai. Orang yang sakit hati bisa saja menyebarkan foto pribadi di internet menggunakan akun orang lain. Akun artis dengan 1 juta pengikut bisa jadi ladang subur untuk phising dan scam.
  4. Hari ini keren, besok belum tentu. Pikirkanlah matang-matang sebelum posting status, tweet atau membuat tulisan di blog. Jangan menulis sesuatu yang mengandung seksualitas kecuali jika anda adalah seorang dokter. Hindari menulis sesuatu yang provokatif. Jika anda perlu memberi komentar, berikan komentar yang wajar dan tidak memancing kemarahan orang lain.
  5. Jangan mudah terpancing. Internet penuh dengan orang-orang yang tidak bertanggung-jawab. Jangan pernah tanggapi segala sesuatu yang aneh yang bisa saja membuat anda malu, tertekan, marah, kesal atau terangsang. Bila anda tidak yakin segera tinggalkan saja. Jangan sungkan untuk bertanya dengan orang tua atau orang yang lebih dewasa dan berpengalaman. Bertanyalah kepada orang yang terpercaya. Para gadis harus sangat berhati-hati ketika mengobrol di internet dengan lawan jenis apalagi yang belum dikenal.

Baca  5 cara selanjutnya di Ngopdul.com




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline