Lihat ke Halaman Asli

Penelitian, Artikel Jurnal, dan Proses yang Tidak Sederhana

Diperbarui: 17 November 2023   21:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Input sumber gambar

Ngainun Naim

Bagi dosen, menulis artikel jurnal itu kewajiban. Meskipun demikian, banyak yang mengalami kesulitan dalam proses pengerjaannya. Ada prasyarat utama yang harus dipenuhi yaitu penelitian.

Menulis artikel jurnal itu bukan sebuah kegiatan tunggal. Ia merupakan rangkaian kegiatan yang saling berkaitan. Artinya, ketika sebuah artikel sudah selesai ditulis bukan berarti tugas sudah selesai.

Secara sederhana proses tersebut dimulai dari mencari ide. Segala cara kreatif harus dilakukan karena kecil kemungkinannya ide datang dengan sendirinya. Ketika ide sudah diperoleh harus segera diikat agar tidak hilang.

Penulis artikel jurnal idealnya membaca artikel jurnal sebanyak-sebanyaknya. Semakin banyak yang dibaca semakin bagus. Bacaan demi bacaan ini merupakan modal untuk menulis artikel yang direncanakan.

Ketika ide sudah ditemukan langkah selanjutnya adalah mensistematisasikan gagasan dalam format draft. Cara ini penting agar gagasan tidak sebatas gagasan tetapi memiliki basis untuk ditindaklanjuti dalam tindakan. Draft, tentu saja tidak kaku. Ia bisa berubah seiring perjalanan waktu.

Penelitian menjadi bagian yang sangat penting. Di sinilah bahan utama artikel jurnal diperoleh. Seorang peneliti harus bekerja keras mendapatkan data agar menjawab masalah yang diteliti. Keberhasilan menggali data menjadi modal untuk diolah dalam artikel.

Ketika data sudah terkumpul maka saatnya mulai menyajikan di artikel. Tentu tidak semua data yang disajikan, melainkan hanya sejalan dengan masalah yang dibahas. Ketelitian dan kecermatan menjadi sikap yang mempengaruhi terhadap kualitas tulisan.

Ketika data sudah disajikan, maka data dianalisis. Pada bagian ini teori yang sudah dijelaskan di bagian sebelumnya bekerja. Bagian ini cukup sulit. Pengalaman sangat menentukan kualitas dan ketajaman analisis.

Ketika sebuah artikel selesai ditulis bukan berarti pekerjaan sudah selesai. Endapkan selama beberapa saat. Biarkan sejenak. Bisa dalam hitungan jam, bisa dalam hitungan hari, tergantung kondisi masing - masing penulis. Jangan diedit dulu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline