Lihat ke Halaman Asli

Ngabila Salama

Dokter PNS Dinas Kesehatan DKI Jakarta

Cegah Kanker Leher Rahim dengan Imunisasi HPV, Edukasi Seksual dan Deteksi Dini Rutin dan Berkualita

Diperbarui: 3 Agustus 2023   12:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi

Launching vaksinasi HPV NusaGard produksi dalam negeri PT Biofarma merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara / BUMN bekerjasama dengan MSD yang akan didistribusikan utk program imunisasi GRATIS di seluruh Indonesia. Vaksin HPV diberikan untuk mencegah kanker leher rahim dan pemberiannya GRATIS untuk anak wanita kelas 5 dan 6 SD atau setara usia 10-13 tahun. Baik di SD negeri, swasta, madrasah, pesantren, panti asuhan, anak terlantar, lapas / rumah tahananan, dll.

Tiap dua menit wanita meninggal dengan kanker leher rahim. Kanker leher rahim adalah penyebab kematian terbanyak pada wanita di Indonesia dan dunia! Kedepannya pendekatan bioteknologi genomik untuk preventive and precise medicine perlu terus dikembangkan misalnya melakukan pemeriksaan pada anak usia sekolah sebagai skrining awal.

NusaGard adalah vaksin quadrivalent yang dapat mencegah infeksi virus HPV tipe ganas strain 6,11,16,18. Cegah komplikasi dan kematian dengan melakukan skrining IVA test / papsmear per tahun untuk deteksi dini dan segera diobati sampai sembuh. Pemerintah saat ini menyediakan pemeriksaan HPV DNA juga untuk deteksi dini akurat dan efektif efisien. JANGAN TERLAMBAT DETEKSI DINI karena kemungkinan meninggal akan tinggi jika sudah kanker stadium lanjut.

Pencegahan kanker servix selain VAKSINASI GRATIS dan deteksi dini per tahun tersebut, juga perlu edukasi masif untuk melakukan hubungan seksual yang aman dan baik. Perlu edukasi berkala, tajam, sedini mungkin. Sangat senang Kementerian Kesehatan RI & Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI sudah kolaborasi memasukkan edukasi kesehatan dan isu prioritas kesehatan dalam kurikulum pendidikan anak SD, SMP, SMA secara bertahap.

Imunisasi Lengkap, Indonesia Sehat!

dr. Ngabila Salama, MKM

Praktisi Kesehatan Masyarakat /

Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta /

Anggota Kelompok Kerja Komunikasi Risiko dan Pelibatan Masyarakat untuk Program Kesehatan Prioritas /

Staf Teknis Komunikasi Transformasi Kesehatan Kementerian Kesehatan RI




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline