Lihat ke Halaman Asli

Dwi Suparno

Pejuang Receh

Menjajal Ketangguhan dan Kenyamanan Vario 150 eSP

Diperbarui: 4 Mei 2016   17:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Bersama Vario 150 eSP,saya beserta anak istri ikut meramaikan Peringatan Hari Buruh Internasional 1 Mei 2016 di Lapangan Beran,Kabupaten Sleman,D.I Yogyakarta (dok.pri)

Minggu1 Mei 2016,kota Piyungan Bantul yang terletak di sebelah barat Bukit Bintang,Patuk, Gunung Kidul masih diselimuti kabut tipis.Dinginnya cuaca di pagi hari yang terasa menusuk tulang tidak menghalangi saya sekeluarga untuk memulai beraktivitas.Tidak seperti hari libur biasanya,sejak selesai menunaikan sholat subuh saya sekeluarga sudah harus disibukkan dengan berbagai persiapan untuk mengikuti kegiatan apel akbar di Lapangan Beran,Sleman yang berjarak sekitar 45 km dari rumah.Yups,pada hari Minggu kemarin bertepatan dengan Peringatan Hari Buruh Internasional dan saya beserta istri diminta oleh HRD perusahaan tempat kami bekerja untuk ikut menghadirinya.

Perbekalan makanan,minuman,ponsel pintar serta kamera semuanya sudah dimasukkan dalam tas punggung. Perlengkapan keselamatan berkendara seperti helm,jaket,sarung tangan serta sepatu juga sudah siap sejak kemarin sore.Tak lupa juga,si kuda besi tunggangan baru keluarga saya yang belum genap sebulan nangkring di garasi rumah,Vario 150 eSP pun tak luput dari pengecekan.Walaupun masih dalam kondisi baru,pengecekan ringan seperti nyala lampu sein, lampu utama, lampubelakang, pengereman,kondisi ban depan belakang serta ketersediaan bahan bakar di tangki tetap saya lakukan.

tampilan-speedometer-jpg-5729a504e5afbdd707b20ae0.jpg

Pengecekan kondisi lampu sein,lampu utama dan persediaan bahan bakar di panel meter Vario 150 eSP (dok.pri)

Tidak butuh waktu lama bagi saya untuk pengecekannya.Melalui tampilan panel meter Vario 150 eSP yang terlihat sporty dan futuristik ini saya dapat membaca berbagai indikator yang tersedia seperti stok bahan bakar yang ada,indikator mesin,indikator trip meter serta indikator lampu sein dan lampu utama.Hasilnya,penunjuk bar pada indikator bahan bakar masih full,artinya kapasitas tangki 5.5 L bahan bakar sekelas Pertamax sudah tersedia.Lampu sein serta lampu utama juga berfungsi dengan baik.Desain tampilan panel meter yang trendy dengan tata letak yang  cantik didominasi lekukan garis dengan sudut yang tegas membuat saya lebih mudah untuk membaca informasi indikator tersebut serta tidak cepat jenuh memandangnya.

Berbagai fitur keselamatan dan keamanan nan canggih lainnya yang menyertainya seperti fitur Parking Brake Lock, Side Stand Switch , Secure Key Shutter dan Answer Back System juga termasuk dalam pengecekan rutin. Sedangkan untuk baterainya (aki),karena sudah menggunakan aki tipe MF (maintenacefree) dengan daya 12V – 5 Ah, saya tidak perlu repot lagi harus mengecek “kesehatannya” setiap hari.Saatnya berkata: "Selamat tinggal aktivitas isi ulang air aki". Berbagai pengecekan ringan tersebut untuk memastikan kondisi motor matik saya tersebut tetap dalam kondisi prima dan siap tempur.

fitur-safety-vario-150-esp-5729a6672b7a613207ac9640.jpg

Berbagai fitur keselamatan dan keamanan nan canggih yang ada di Vario 150 eSP (dok.pri)

Untuk memastikan kondisi mesin dan pengereman tetap oke,saya mengajak sikecil untuk menjajal berkeliling di sekitar rumah dengan kondisi jalan yang berkonblok.Sekedar untuk memanaskan mesin saja.Segera mesin motor saya hidupkan.Walaupun mesin dalam kondisi dingin,ternyata mesin berkapasitas 150 cc ini tetap gampang dinyalakan.Lampu utama serta lampu belakang pun langsung menyala.Tidak terdengar suara hentakan sebagaimana motor bebek ketika memencet tombor starter.Dalam kondisi stasioner,suara mesin Vario 150 eSP ini begitu lembut dan halus.Mungkin inilah perpaduan aplikasi teknologi injeksi PGM-FI terbaru dari Honda serta ACG starter yang menjadi satu rangkaian dalam teknologi eSP (Enhanced Smart Power) di mesin Honda Vario 150 eSP ini.

di-depan-rumah-jpg-5729a6d2dd93735b1197a152.jpg

Bersama si kecil menjajal jalanan berkonblok di sekliling rumah dengan Vario 150eSP Minggu Pagi 1 Mei 2016 (dok.pri)

Sorot dua sinar lampu depan Vario 150 eSP yang menggusung konsep Dual Keen Eyes Headlight yang dilengkapi dengan clear lens dan multireflektor serta di dalamnya tertanam 2 lampu LED 2,6W (low) dan 2x5,2W (high) ini siap membelah jalanan yang perlahan lahan mulai diterangi sinar matahari pagi.Menggunakan konsep desain yang menyatu antara lampu utama dan lampu sein dengan garis garis tajam dan sudut yang tegas berkonsep menyirip membuatnya terlihat gagah dan trendy. Dengan penggunaan lampu LED ini akan menghasilkan kualitas sinar sorot lampu yang terang namun tidak menyilaukan mata.Kelebihan lainnya,hemat listrik serta umur pakainya lebih lama.

Desain lampu bagian buritannya tidak kalah cantiknya dengan bagian depan.Desain stop lamp serta lampu sein yang dibuat menyatu dilengkapi dengan multireflektor terlihat lebih keren dan mewah.Sinar lampu yang dipancarkannya pun terlihat jelas dan terang namun tetap tidak mengganggu bagi pengendara dibelakang maupun disampingnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline