Lihat ke Halaman Asli

Bahan Alami agar Gigi Sehat

Diperbarui: 23 April 2018   15:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: www.wonderopolis.org

Go Dok - Senyum Anda akan terlihat kurang indah jika gigi yang berderet tampak tidak sehat, bukan begitu? Lantas, apa yang harus dilakukan demi menjaga kesehatan gigi? Yuk, simak penjelasan mengenai makanan yang baik untuk gigi berikut ini!

1. Apel

Sering merasa tidak percaya diri karena memiliki karang gigi? Tidak usah khawatir! Anda dapat mencegah hal ini dengan rajin mengonsumsi apel secara langsung. Yups, salah satu manfaat buah apel yaitu tekstur apel yang renyah dapat merangsang produksi air liur sekaligus menurunkan risiko berkembangnya bakteri di organ mulut. Selain itu, vitamin A yang terkandung di dalamnya juga dapat membuat gigi terlihat lebih sehat dan putih alami. Mau?

2. Permen karet

Makanan yang baik untuk gigi yang terakhir adalah permen karet. Terdengar aneh? Eits, jangan salah; kebiasaan mengunyah permen karet tanpa gula (sugar free) sudah terbukti secara medis dapat merangsang produksi air liur yang baik untuk membunuh kuman pemicu timbulnya karang gigi, lho!

3. Susu dan produk olahannya

Susu; bahan alami yang sudah dikenal sejak dulu kaya akan kalsium. Karenanya, tidak mengherankan jika kemudian para ahli menyarankan Anda untuk banyak mengonsumsi susu dan/atau bahan olahannya (seperti keju, yoghurt, dll) untuk menjaga kesehatan gigi.

4. Jambu biji

Sama seperti halnya strawberry, jambu biji juga baik dikonsumsi karena vitamin C di dalamnya terbukti dapat meningkatkan kesehatan gusi. Selain bisa dikonsumsi langsung, Anda juga bisa menyajikan jambu biji dalam bentuk jus atau sebagai bahan pelengkap rujak, lho! Hmmm, sedap!

5. Kacang-kacangan

Makanan yang baik untuk gigi selanjutnya adalah kacang-kacangan. Lho, kok bisa? Karena dalam bahan alami ini terkandung beragam senyawa yang baik untuk kesehatan gigi, gusi, dan organ mulut -seperti kalium, kalsium, seng, fosfor, dan magnesium. Jadi, jangan ragu lagi untuk mengganti menu camilan Anda dengan kacang almond atau walnut, ya!

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline