Lihat ke Halaman Asli

Penderita Hipertensi, Ini Rekomendasi Makanan untuk Anda

Diperbarui: 26 Maret 2018   15:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi. (countercurrents.org)

Go Dok - Siapa di antara Anda yang memiliki penyakit hipertensi? Di Indonesia, menurut hasil Riset Kesehatan Dasar tahun 2013, penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi diperkirakan telah menyerang sebanyak 25% dari populasi. Hal ini disebabkan karena pola makan masyarakat Indonesia, terutama di kota-kota besar, ke arah konsumsi junk fooddan makanan berpengawet, yang mengandung kadar garam dan lemak jenuh tinggi. Kedua hal tersebut kemudian akan memicu naiknya tekanan darah Anda, jika dikonsumsi secara berlebihan.

Penanggulangan terjadinya hipertensi dapat Anda mulai dengan merubah pola hidup ke arah yang lebih baik. Salah satunya adalah dengan tidak sembarangan mengonsumsi berbagai makanan. Perlu diingat, bahwa penderita hipertensi diwajibkan untuk melakukan diet rendah garam. Selain itu, mereka juga disarankan untuk rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan dan rendah lemak jenuh. Nah, apa sajakah makanan tersebut? Mari kita simak daftar berikut ini :

1. Mengkudu

Khasiat mengkudu untuk mengatasi hipertensi telah dikenal luas di Indonesia. Nah, untuk pengolahannya menjadi obat hipertensi, Anda dapat menyiapkan beberapa buah mengkudu yang sudah matang dan menumbuknya hingga halus. Kemudian, peras mengkudu dan campur air perasannya dengan madu murni, lalu aduk sampai merata. Konsumsilah campuran ini sebanyak 2 kali dalam sehari secara teratur, dan rasakan manfaatnya segera.

2. Sayuran hijau

Siapa sihyang tidak tahu tentang khasiat sayuran hijau bagi kesehatan? Sayuran hijau, seperti bayam dan seledri memiliki kandungan kalium yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Karenanya, makanan ini dicap baik untuk dikonsumsi oleh para penderita hipertensi.

3. Lemon

Bagi Anda penderita hipertensi, tidak ada salahnya untuk meminum air lemon hangat setiap pagi, lho. Sebab, lemon memiliki kandungan kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan cara mengurangi efek natrium di dalam tubuh. Ditambah lagi, lemon juga mampu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi kolestrol tinggi.

4. Tomat

Tomat, oh tomat. Selain mengandung kalsium, magnesium, serta vitamin C, D, dan E yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, tomat juga mengandung lycopinedan karotenoid yang kaya akan antioksidan. Karenanya, tomat juga dinilai bermanfaat melawan radikal bebas dan mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Blueberry

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline