Lihat ke Halaman Asli

Mengenal Test Pack dan Cara Penggunaanya

Diperbarui: 27 Februari 2018   11:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

source: merdeka.com

Go Dok   Bagi Anda pasangan yang baru menikah tentunya ketika datang bulan sudah telat, merupakan hal yang deg-degan dan penuh dengan pertanyaan, apakah hamil atau tidak? Tentunya, hal yang pertama ada dibenak Anda dan pasangan sebelum tes ke dokter kandungan, Anda akan terlebih dahulu melakukan tes dengan menggunakan test pack, bukan? 

Sebenarnya, bagiaman cara kerja test pack? Apakah alat tes kehamilan ini benar-benar memiliki tingkat keakuratan yang tinggi? Penasaran? Simak terus artikelnya, ya! 

Mari mengenal cara kerjatest pack

Menurut sebuah klinik kehamilan di Cleveland, bagi wanita yang melakukan tes kehamilan dengan alat ini setelah mengalami telat masa menstruasi, akan mendapatkan hasil yang 99% akurat, lho! Hebat, bukan?

Cara kerja dari test packitu sendiri: Satu hal yang harus dipahami adalah, tes kehamilan dengan alat ini, menggunakan urin sebagai media untuk mengecek apakah Anda positif hamil atau tidak. Pada dasarnya, alat ini ingin menguji apakah di dalam kandungan urin Anda mengandung sebuah hormone yang disebut human Chorionic Gonadotrophin (hGC) atau tidak. Hormone tersebut dapat tercipta setelah sel telur yang dibuahi melekat di luar dinding rahim dan terbawa melalui urin.

Nah, Anda disarankan mencoba tes urin ini sekitar seminggu sampai 2 minggu setelah melakukan hubungan intim untuk mengetes kehamilan. Pasalnya, metabolisme dalam tubuh Anda membutuhkan 7-12 hari untuk memunculkan hCG di dalam urin. Kalau Anda positif hamil, tingkatan hormone hCG akan berlipatganda dengan cepat dalam waktu 2-3 hari sekali.

Cara menggunakan test pack

Penggunaan test pack terbilang cukup mudah dan sudah sangat awam di sebagian  masyarakat, bukan. Harganya yang relatif murah dan mudah didapatkan di apotek dekat rumah menjadi alasan mengapa cara ini sangat digemari para wanita. Nah, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat menggunakan test pack, misalnya :

  • Menampung urin Anda dalam suatu wadah, kemudian mencelupkannya ke dalam wadah yang telah berisi urin tersebut.
  • Selain mencelupkan langsung ke dalam wadah berisi urin, Anda juga bisa menggunakan pipet untuk meneteskan urin yang sudah ditampung ke test pack secara perlahan.
  • Kalau yang satu ini cara yang paling konvensional dan paling lumrah dilakukan, yaitu memposisikannya berdekatan jalur keluar urin Anda, dan usahakan urin mengenai bagian dari alat ini.

Mudah bukan menggunakan test pack sebagai salah satu alat tes kehamilan? Nah, walaupun Anda sudah menggunakannya tidak ada salahnya mengunjungi dokter kandungan untuk mendapat tes kehamilan yang lebih efektif. Selamat mencoba!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline