Lihat ke Halaman Asli

Manfaat Buah Kiwi Tak Hanya Menangkal Radikal Bebas

Diperbarui: 24 Oktober 2017   13:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: khoobsurati.com

GoDok--Bagi Anda para penggemar buah, tentu kenal dengan buah kiwi. Buah dengan perawakan kecil ini seringkali dikira sebagai buah asal Selandia Baru, lantaran namanya mengambil dari salah satu burung endemik negara tersebut. Padahal, sebenarnya buah ini berasal dari Negeri Cina dan kerap dijadikan bahan ramuan herbal di negara asalnya tersebut. Meski jarang diminati oleh masyarakat Indonesia, khususnya kalangan menengah ke bawah, karena harganya yang cukup tinggi. Maklum, masa panen buah yang satu ini harus menunggu 3 -- 4 tahun sejak ia ditanam. Nah, meskipun sedikit mahal, namun tak ada salahnya jika Anda mengonsumsi buah ini sesekali. Sebab, kandungannya memiliki segudang manfaat kesehatan, lho. Apa sajakah manfaat tersebut? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

1. Meningkatkan kesuburan wanita

Manfaat sehat buah kiwi yang pertama adalah meningkatkan kesuburanpara kaum hawa. Harus Anda ketahui, bahwa kiwi merupakan buah yang memiliki indeks glikemik serta kadar lemak yang rendah, sehingga apabila seorang wanita menerapkan gaya hidup sehat, dapat meningkatkan peluang untuk memiliki keturunan. Ditambah lagi kandungannya yang kaya asam folat, karbohidrat, vitamin serta protein yang menjaga keranuman tubuh calon ibu.

2. Menyehatkan ibu hamil

Tak hanya meningkatkan kesuburan, manfaat sehat buah kiwi ternyata juga mampu menyehatkan Anda di masa kehamilan. Kandungan asam folat-nya yang tinggi membuat buah kiwi berguna dalam mencegah terjadinya cacat pada otak dan saraf tulang belakang janin yang akan dilahirkan. Tak hanya itu, kandungan kiwi juga mampu mengatasi kekurangan zat besi pada ibu hamil, yang bisa menyebabkaan menurunnya sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko kehamilan.

3. Menangkal radikal bebas

Manfaat sehat buah kiwi yang ketiga adalah menangkal radikal bebas. Pasalnya, kiwi kaya akan antioksidan yang terdiri dari kandungan karotenoid, polifonel, dan enzim-enzim lainnya. Kandungan antioksidan inilah yang kemudian menangkal radikal bebas di dalam tubuh Anda, sehingga membuat tubuh lebih sehat dan terhindar banyak penyakit.

Siapa bilang cuma pepaya yang ampuh untuk mengatasi sembelit? Berdasarkan hasil riset dari dr. Richard Gearry di University of Otago, Chsritchurch, diketahui bahwa mengonsumsi dua kiwi per hari dapat menambah pergerakan serta kinerja usus, sehingga Anda terhindar dari kosntipasi alias sembelit. Tak hanya itu, kandungan di dalam buah kiwi juga efektif untuk mengurangi sakit perut serta rasa kembung pada perut Anda. Hebat, bukan?

5. Menyehatkan mata

Manfaat sehat buah kiwi yang selanjutnya adalah menyehatkan mata. Pasalnya, kiwi memiliki kandungan vitamin A yang sudah dikenal luas baik untuk kesehatan mata. Tak berhenti di situ, kiwi juga ternyata mengandung lutein dan beta-karoten yang juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata Anda.

6. Menyehatkan jantung

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline