Lihat ke Halaman Asli

5 Bahan Mujarab Hilangkan Bau Badan!

Diperbarui: 27 Maret 2017   22:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

source: http://papasemar.com

GoDok – Memiliki bau badan yang tidak sedap memang jadi mimpi buruk setiap orang. Bayangkan saja! Jika suatu saat Anda harus menghadiri sebuah acara penting, atau bertemu dengan orang baru; bau badan yang menyengat akan membuat Anda kehilangan rasa percaya diri. Akhirnya, solusi yang sering dipilih adalah dengan mengenakan minyak wangi secara berlebih. Tapi, bukannya bau badan hilang, Anda dan orang sekitar justru akan dibuat pening dan mual karena aroma parfum akan bercampur dengan bau keringat. Ugh, menyebalkan!

Pada dasarnya, bau badan disebabkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus hominis pada area tubuh yang banyak mengandung kelenjar minyak, seperti ketiak. Bakteri penginfeksi inilah yang kemudian memecah keringat menjadi asam pemicu timbulnya bau badan. Lebih lanjut, banyak ahli percaya bahwa bau badan juga dapat disebabkan oleh obesitas, kebiasaan mengonsumsi makanan pedas, perubahan hormon, hingga tingkat kehigienisan pribadi yang buruk.

Bagi mereka yang memilki bau badan kurang sedap, penggunaan deodoran seringkali menjadi andalan. Padahal, deodoran hanya akan mengurangi bau badan dalam hitungan jam saja, dan tidak menghilangkannya secara permanen. Lalu, apa dong yang harus dilakukan demi menghilangkan si bau badan menyebalkan? Ada baiknya, Anda coba menggunakan 5 bahan alami penangkal bau badan berikut ini:

1. Jeruk nipis

Jeruk nipis memang memiliki banyak manfaat dalam dunia kecantikan, seperti untuk menghilangkan flek hitam hingga mengobati jerawat. Namun, jarang yang mengetahui bahwa bahan alami ini juga berkhasiat untuk menghilangkan bau badan. Caranya adalah dengan memotong tipis jeruk nipis, lalu ditaburi dengan kapur sirih. Oleskan campuran tersebut pada ketiak dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas ketiak dengan air hingga bersih. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ya!

2. Daun sirih

Daun sirih sudah dikenal sejak lama sebagai bahan alami yang kaya akan senyawa antiseptik. Selain itu, kandungan beberapa bahan aktif di dalamnya, seperti eogenol, kavinol, karvakol, dan zat samak, menyebabkan daun ini dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau badan. Caranya, cukup rendam beberapa lembar daun sirih dengan air panas. Setelah itu, dinginkan air rendaman selama beberapa menit, lalu minum langsung. Jika Anda enggan dengan rasanya yang ketir, maka tambahkanlah beberapa sendok gula putih. Cara lainnya adalah dengan menghaluskan daun sirih dengan kapur untuk kemudian dioleskan pada ketiak. Ssst, diamkan dulu selama 10 menit sebelum dibilas dengan air, ya!

3. Daun kemangi

Anda mungkin sering menemukan daun ini pada lalapan. Walaupun banyak yang tidak menyenangi daun kemangi karena rasa dan baunya yang menyengat, namun bukan berarti daun ini tidak bermanfaat untuk tubuh, lho! Karena faktanya, kandungan senyawa antibakterial dan mineral pada daun kemangi terbukti efektif dalam menghilangkan bau badan yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Caranya? Cukup konsumsi daun ini secara rutin. Niscaya, bau badan akan segera menghilang.

4. Temulawak

Tahukah Anda bahwa temulawak kaya akan beberapa zat yang berkhasiat untuk menghilangkan bau badan, seperti zat saponin, flavoinoida, dan minyak asiri? Karenanya, jangan ragu untuk merebus temulawak dan meminum air rebusannya di pagi hari atau sebelum tidur. Cara lainnya adalah dengan memarut temulawak untuk kemudian dioleskan pada ketiak dan bagian tubuh lainnya yang sering berkeringat. Diamkan sampai kering sebelum dibilas dengan air.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline