Lihat ke Halaman Asli

Nevin Maulana

Mahasiswa Universitas Indonesia

Mengenang Tragedi Tsunami 26 Desember 2004 melalui Museum Tsunami Aceh

Diperbarui: 16 Desember 2022   21:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Terletak di bagian paling barat nusantara, wilayah Aceh memiliki posisi yang strategis karena dekat dengan lautan maka dari itu, sejak zaman dahulu Aceh dikenal sebagai gerbang komersial dan budaya yang menghubungkan Timur dan Barat selama berabad-abad. Aceh sering disebut-sebut sebagai persinggahan para pedagang Cina, Eropa, India dan Arab, menjadikan wilayah Aceh sebagai wilayah budaya dan agama utama nusantara. Letak Aceh yang berada dekat dengan lautan membuat Aceh mengalami musibah pada tahun 2004, yaitu Tsunami yang cukup besar yang pernah terjadi di Dunia. Saat ini, terdapat Museum Tsunami yang dapat kalian kunjungi jika kalian berada di Aceh!!


Mengapa kalian harus mengunjungi Museum Tsunami Aceh?

a38b061d-a43d-4d25-bca5-94e2c351fc88-169-639c8262f4fbe44dbc10c522.jpeg

Museum Tsunami Aceh merupakan museum yang dibangun dengan memiliki tujuan yaitu untuk mengenang gempa bumi yang mengakibatkan tsunami tahun 2004, selain itu  juga menjadi pusat pendidikan dan sebagai pusat evakuasi jika bencana tsunami sewaktu-waktu datang lagi. Museum aceh terletak Jalan Sultan Iskandar Muda dekat Simpang Jam dan berseberangan dengan Lapangan Blang Padang kota Banda Aceh. Lokasi museum ini sangat mudah dijangkau dengan kendaraan umum maupun pribadi, dengan tempat yang mudah dijangkau inilah diharapkan semakin banyak orang yang datang untuk mengunjungi museum tsunami aceh. Desain arsitektur dari Museum Tsunami aceh juga sangat indah loh!! Museum Tsunami Aceh terdiri dari 4 tingkat dengan hiasan dekorasi bernuansa islam.Dari arah luar dapat terlihat bangunan ini berbentuk seperti kapal, dengan sebuah mencu suar berdiri tegak di atasnya. Tampilan eksterior yang luar biasa yang mengekspresikan keberagaman budaya Aceh terlihat dari ornamen dekoratif unsur transparansi elemen kulit luar bangunan. Ornamen ini melambangkan tarian saman sebagai cerminan Hablumminannas, yaitu konsep hubungan antar manusia dalam Islam. Wahh keren banget ya! Bahkan bangunannya sendiri memiliki filosofi tersendiri, Jadi tunggu apa lagi? Ayo kunjungi Museum Tsunami Aceh!!!

Kira-kira apa saja yang dapat kita lakukan jika berkunjung ke Museum Tsunami Aceh?

Banyak sekali kegiatan yang bisa kita lakukan jika datang untuk mengunjungi Museum Tsunami Aceh, dari mulai datang ke Event atau Agenda, datang ke galeri yang ada di museum dan masih banyak lagi. Event atau Agenda yang ada di museum tsunami aceh tidak tiap hari ada, namun ada waktu-waktu tertentu Event atau Agenda ini diselenggarakan seperti adanya Lomba Foto yang sudah terlaksana dari 10 November - 5 Desember dengan tema "Jejak Heritage Tsunami di Tanoh Endatu" untuk mengenang, memperingati, dan mengambil hikmah dari peristiwa gempa dan tsunami Aceh dan total hadiah sebesar 12 juta, lalu Festival Mangrove yang diadakan pada 10 Desember 2022 kemarin, kemudian ada Pentas Budaya Smong 2022 yang diadakan pada 11 Desember 2022 kemarin. Itu merupakan kegiatan yang sudah dilaksanakan di Museum Tsunami Aceh, kalian terlewat tanggal tersebut? Jangan khawatir karena akan ada Event tahunan yang memang pasti diadakan yaitu mengenang terjadinya Tsunami Aceh yang diadakan setiap tanggal 26 Desember.

Kegiatan selanjutnya adalah mengunjungi Galeri yang berisikan 416 koleksi. Koleksi tersebut dibagi ke dalam beberapa jenis, yaitu:

  • koleksi etnografika,

  • koleksi biologika,

  • koleksi teknologika,

  • koleksi keramonologika,

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline