Lihat ke Halaman Asli

Literasi Keuangan Digital E-wallet

Diperbarui: 16 Agustus 2024   07:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pada Era modern saat ini teknologi sudah banyak yang berkembang termasuk dalam bidang ekonomi, yakni ekonomi digital. Ekonomi digital adalah kegiatan ekonomi yang menggunakan internet dan kecerdasan buatan (AI). Salah satu contoh ekonomi digital adalah E-wallet.

Apa aitu E-wallet?

E-Wallet atau dompet digital adalah aplikasi keuangan yang dapat digunakan melalui aplikasi mobile melalui perantara internet. E-Wallet memiliki beberapa kegunaan, mulai dari transaksi online, pembayaran tagihan, transfer uang, hingga pembelian produk secara online. E-wallet dapat menyimpan Riwayat transaksi keluar dan masuk. E-wallet menjadi Solusi praktis dan cepat diera modern.

Manfaat E-wallet dalam keuangan digital

1. Kemudahan dan kecepatan transaksi

Pembayaran yang dilakukan oleh pelanggan menjadi lebih cepat karena pelanggan tidak perlu menyiapkan uang tunai atau kartu fisik, selain itu pelanggan juga tidak perlu mengantri Panjang untuk melakukan pembayaran.

2. Kemudahan pengelolalaan keuangan

E-wallet menyediakan fitur riwayat transaksi, pengguna dapat melakukan analisis pengeluaran sehingga mereka dapat merencanakan keuangan dengan efesien

3. Keamanan dalam transaksi

E-wallet dilengkapi dengan fitur keamanan dengan menggunakan otentikasi biometrik atau identification number (PIN) saat masuk di aplikasi. Selain itu ada beberapa aplikasi E-wallet yang menggunakan fitur keamanan dengan fingerprint yang menggunakan sidik jari pengguna dan juga face recognition yang menggunakan sistem pengenalan wajah.

4. Akses layanan keuangan lainnya

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline