Lihat ke Halaman Asli

Netra Nopita

English Teacher

Best Practice Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning

Diperbarui: 7 Oktober 2022   22:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Lokasi : SMP Negeri 30 Kerinci

Penulis : NETRA NOPITA, S.Pd

Tanggal : 26 September 2022

TUJUAN

Meningkatkan Kemampuan pemahaman membaca siswa yang masih rendah dalam Teks Fungsional Pendek melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning di Kelas IX SMP Negeri 30 Kerinci

SITUASI

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah adalah rendahnya kemampuan pemahaman membaca siswa dalam dalam Teks Fungsional Pendek, hal ini penyebabnya adalah sebagai berikut :

  • Kemampuan dasar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Inggris masih rendah. 
  • Masih rendahnya penguasaan kosa kata Bahasa Inggris siswa
  • Belum di terapkan strategi dan model pembelajaran yang efektif dalam pemahaman membaca.
  • Belum diterapkan media pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa

Praktik ini sangat penting untuk dibagikan karena berdasarkan rencana pembelajaran pada Praktik Pengalaman lapangan (PPL) yang menerapkan Model Pembelajaran Discovery Learning membuat siswa menemukan hal baru terhadap suatu fenomena. model discovery learning menuntut siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan menemukan sendiri suatu konsep pembelajaran. Discovery learning  juga bisa menjadi pilihan model yang sesuai dengan materi teks fungsional pendek (Label). Model belajar ini menuntut guru lebih kreatif menciptakan situasi yang membuat peserta didik belajar aktif dan menemukan pengetahuan sendiri. 

Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah sebagai fasilitator dalam menerapkan Model pembelajaran Discovery Learning untuk mengatasi permasalahan yang di hadapi dan meneliti tentang permasalahan yang terjadi   selama   proses   pembelajaran di   kelas serta menyelesaikan masalah-masalah khusus dan teknis di dalam pembelajaran yang dihadapi.

TANTANGAN

Setelah dilakukan identifikasi masalah dengan refleksi diri, maka beberapa tantangan yang dihadapi adalah:

  •  Menemukan Materi visual yang otentik dan akrab dengan kehidupan siswa sesuai dengan topik yang akan di sampaikan selama proses pembelajaran merupakan sebuah tantangan yang harus di selesaikan.
  • Beberapa peserta didik dalam satu kelompok masih ada yang belum terlihat aktif dan berani untuk menyampaikan hasil kerja kelompok didepan kelas dan selalu meminta teman kelompok nya untuk menyampaikan.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline